• 1
  • 2
  • 3
Prev Next

POLIJE GELAR KULIAH PERDANA AK HALMAHERA TENGAH

Berita

POLIJE GELAR KULIAH PERDANA AK HALMAHERA TENGAH

Akademi Komunitas ke tujuh Binaan Polije Sebanyak 100 mahasiswa baru Akademik Komunitas (AK) Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara, pada Sabtu lalu dengan tekun mengikuti kuliah perdana yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Tengah. Kuliah perdana yang dikemas dengan...

Read more

JALUR PMDK-PN DITUTUP JUM’AT (17/4/2015)

Berita

JALUR PMDK-PN DITUTUP JUM’AT (17/4/2015)

Berkas Wajib Dikirim ke Politeknik Prodi Pertama Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) merupakan Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember (Polije) bersama-sama 43 Politeknik Negeri se Indonesia. PMDK-PN yang telah dibuka pendaftaraannya mulai 9 Pebruari 2015 lalu, akan ditutup pada...

Read more

POLIJE TERUS BERUPAYA CIPTAKAN BUDAYA MUTU

Berita

POLIJE TERUS BERUPAYA CIPTAKAN BUDAYA MUTU

Menjadi Kampus yang Smart, Innovative dan Professional Di usianya yang sudah lebih dari seperempat abad, Politeknik Negeri Jember (Polije) sudah banyak menorehkan prestasi baik dibidang akademik dan non akademik. Di bidang pengelolaan manajemen kampus, Polije dapat dikategorikan menjadi salah satu Politeknik...

Read more

MAHASISWA POLIJE GELAR AGRIBUSINESS FAIR

Berita

MAHASISWA POLIJE GELAR AGRIBUSINESS FAIR

Dengan Kegiatan Expo, Seminar, Talkshow dan Presentasi Business Plan Bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Perjuangan 45 Politeknik Negeri Jember (Polije), mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan (UKMJ) Manajemen Agribisnis menyelenggarakan Agribusiness Fair 2015. Gelaran tahunan tersebut dilaksanakan selama 4...

Read more

POLIJE SEDIAKAN 250 BEASISWA BIDIK MISI

Berita

POLIJE SEDIAKAN 250 BEASISWA BIDIK MISI

Melalui Jalur PMDK-PN, Mandiri PTN dan UMPN Nasional Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2015/2016, Politeknik Negeri Jember (Polije) diberikan amanah oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menyalurkan beasiswa Bidikmisi bagi 250 mahasiswa baru. Beasiswa Bidikmisi merupakan...

Read more

PELEPASAN 13 MAHASISWA PKL IKATAN DINAS

Berita

PELEPASAN 13 MAHASISWA PKL IKATAN DINAS

di PT. Bumitama Gunajaya Agro dan Green Eagle Group Kalimantan Pengakuan demi pengakuan dari dunia industri akan kualitas proses pembelajaran dan kompetensi lulusan Politeknik Negeri Jember (Polije) semakin bertambah. Untuk yang kesekian kalinya sudah dilakukan oleh PT. Bumitama Gunajaya Agro (BGA)...

Read more

    INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri se-Indonesia 2015

    Kata Pengantar

    Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2015 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

    Jalur PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

    Baca Selengkapnya : Informasi PMDK-PN

    PROFIL, JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

    POLITEKNIK NEGERI JEMBER

    Profil Singkat

    Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai perguruan tinggi vokasional mempunyai amanah untuk menyiapkan SDM yang terampil, unggul, cerdas dan kompetitif serta memiliki misi untuk melahirkan insan terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, berintegritas dan mempunyai kredibilitas serta kepribadian unggul, untuk meningkatkan daya saing bangsa baik tingkat regional maupun internasional.

    Polije telah mengimplementasikan kurikulum berdasarkan rambu-rambu Standar Isi Pendidikan Tinggi (SIPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI-IQF) dengan mengintegrasikan muatan pendidikan karakter dan pengembangan budaya entrepreneurship dalam kurikulumnya dengan proporsi 60% praktikum baik laboratorium dan lapang serta 40% teori.

    Menuju World Class University

    Untuk mewujudkan World Class University, Polije dengan difasilitasi Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Ditjen Dikti Kemdikbud, telah dan akan terus menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri, baik dalam bentuk program pertukaran mahasiswa (student exchange program), Double Degree, staf exchange maupun joint riset. Dengan Vietnam National University - University of Language and International Studies (VNU-ULIS) Vietnam untuk bidang Bahas Inggris dan Pariwisata, dengan Rajamanggala University Tanyaburi Thailand (RMUTT) Thailand untuk bidang Peternakan, Hortikultura dan Teknologi Industri Pangan dan dengan Kyungpook National University (KNU) Korea untuk bidang food science and technology serta Jiangsu Agri-Animal Husbandry Vocational College untuk bidang Peternakan dan Produksi Pertanian.

    Student exchange ini dapat dijadikan media pertukaran budaya serta menjadi ajang promosi yang menguntungkan, agar khasanah budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia dapat dikenal oleh bangsa lain.

    Baca Selengkapnya : Profil, Jurusan Dan Program Studi

    Character BuildingUrgensi Pendidikan Karakter

    Pendidikan karakter yang gencar menjadi perhatian pemerintah sejak beberapa tahun kebelakangan ini sejatinya adalah harapan setiap warga bangsa. Bapak pendidikan bangsa Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantoro bahkan tokoh-tokoh kemerdekaan sebelum beliau, sampai Founding Father bangsa Indonesia Bung Karno telah mencanangkan Nation and Character Building.

    Bangsa Indonesia yang mendiami wilayah nusantara kemasyhurannya sudah dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia sejak berabad-abad lamanya, semenjak pemerintahan Sriwijaya (Swarna Dwipa) maupun Majapahit (Jawa Dwipa) yang telah mewariskan nilai luhur kepada generasi penerus sampai sekarang seperti gotong royong,  tepasalira, budi luhur, saling menghormati dan lain sebagainya.

    Baca Selengkapnya : Pendidikan Karakter

    Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Jember, kedatangan delegasi dari Universitas Utara Malaysia (UUM). Delegasi yang dikirim oleh UUM tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Staf Dosen Politeknik Negeri Jember ke Universitas Utara Malaysia (UUM) pada pertengahan tahun 2011 sebelumnya.

    Sesuai dengan agenda yang telah dilaksanakan sebelumnya, Pertemuan dengan delegasi dari UUM (Universitas Utara Malaysia) pada tanggal 18 Februari 2012 di Kampus Politeknik Negeri Jember ini dilakukan untuk keperluan diskusi pembahasan MoU kerjasama antara UUM dengan Politeknik Negeri Jember tentang program Joint Degree dan Dual Degree serta kerja sama lainnya.

    Artikel terkait:

    “Students Exchange” POLIJE dengan VNU-ULIS

    Kehidupan di dalam dan di luar kampus yang nyaman, tentram, damai, dan aman serta dukungan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan merupakan salah satu pertimbangan setiap orang untuk memasuki dunia perguruan tinggi. Politeknik Negeri Jember selalu berusaha untuk terus menciptakan suasana akademis yang kondusif serta hubungan dengan lingkungan yang harmonis. Suasana akademis yang kondusif di dalam kampus didasarkan pada hubungan antar sivitas akademika yang meliputi dosen, teknisi, administrasi, mahasiswa, dan lulusan.

    Hubungan tersebut tidak hanya berkaitan dengan proses belajar-mengajar di kelas saja, namun mencakup hubungan sosial di luar kelas yang dapat mendukung terciptanya suasana akademis yang kondusif. Interaksi dengan masyarakat sekitar juga dilandasi dengan saling ketergantungan yang positif, termasuk interaksi antara mahasiswa yang bermukim di sekitar kampus dengan masyarakat sekitar.

     

    Go Green POLIJEPoliteknik Negeri Jember mencanangkan program "Go Green Campus" atau menuju kampus hijau sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan salah satu upaya mengurangi pemanasan global. Program itu melibatkan seluruh sivitas akademika yang ada di Politeknik Negeri Jember. Untuk mewujudkan program "Go Green Campus " ini harus dimulai dari pihak internal sehingga semua sivitas akademika Polije seperti dosen, teknisi, karyawan, staf adminstrasi, pejabat struktural dan non struktural ikut dalam program tersebut.

    Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kegiatan akademik di kampus. Dengan hijau dan asrinya lingkungan kampus, maka mahasiswa juga menjadi lebih nyaman dan fokus mengikuti kegiatan akademik.

    Artikel terkait:

    PENCANANGAN KINERJA PRIMA DAN GO GREEN CAMPUS upaya menuju WORLD CLASS UNIVERSITY