TINGKATKAN AKUNTABILITAS, LUNCURKAN APLIKASI SISCA

Keterbukaan informasi publik di era revolusi industri 4.0 menjadi sesuatu keniscayaan, sebagai bagian penting dan strategis untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja institusi termasuk didalamnya Politeknik Negeri Jember (Polije).
Demikian dipaparkan Saiful Anwar, S.TP, MP Wakil Direktur bidang Umum dan Keuangan dalam sambutan pembukaan sosialisasi dan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Serapan dan Cashflow Anggaran (SISCA) kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja tersebut diikuti oleh perwakilan semua unit kerja.
“Komitmen Polije untuk terus meningkatkan akuntabilitas tatakelola program dan anggaran, menuju manajemen yang akuntabel, kredibel dan produktif”, tandasnya. Menurut dia, Polije sedang mengembangkan sistem informasi manajemen yang juga menjadi bagian target dan program unggulan reformasi birokrasi (RBI) yang terdistribusi kedalam 8 area perubahan.
Menurut Kabag Umum dan Keuangan Djoko Soengkowo, SE, M.AP, latar belakang pembuatan sistem informasi SISCA adalah belum lancarnya pembayaran keuangan, belum adanya laporan keuangan yang terbaru sebagai monitoring pimpinan, belum adanya perencanaan pembayaran keuangan, belum optimal monitoringnya pinpinan, belum optimalnya serapan anggaran sesuai dengan rencana kerja serta dalam rangka meningkatkan capaian program RBI.
“Muara utama dari latar belakang pembuatan sistem informasi Serapan dan Cashflow Anggaran (SISCA)”, tandas Djoko Soengkowo. Menurut dia, SISCA menggambarkan pagu anggaran, baik yang mencakup aliran kas, pertanggung jawaban, serapan dan monitoring anggaran.
Manfaat SISCA adalah untuk meningkatkan tata kelola bidang keuangan, memudahkan pengawasan dan monitoring. SISCA diharapkan akan memudahkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan pelaporan keuangan. Sistem informasi ini juga menjadi bagian dari menciptakan tatakelola terpadu untuk menciptakan good university Governence.
Pada sosialisasi tersebut juga di paparkan pengembangan Sistem Informasi Rencana Kerja dan Anggaran (SIRAKA) versi 2.0 serta program kerja ramah GESI (Gender Equality and Social Inclusion).
“Implementasi sistem informasi SISCA sinergi dengan SIRAKA. SISCA memberikan akses kepada unit kerja untuk mengetahui kuota pagu anggaran setiap unit kerja serta mengetahui jumlah anggaran yang telah dipakai dan perkembangan anggaran. Sedangkan pagu anggaran unit kerja merupakan proses hilir dari dari penyusunan rencana kerja dan anggaran melalui proses sistem informasi SIRAKA”, imbuh Djoko Soengkowo.

Keterangan foto :

Luncurkan SISCA : Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Saiful Anwar, S.TP, MP ketika Meluncurkan Sistem Informasi Serapan dan Cashflow Anggaran (SISCA).

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Sat
Mar
02
2019
Hasil Desk Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK-PA ...
Sat
Feb
23
2019
Fri
Jan
04
2019
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...