POLIJE PEDULI PENYIAPAN CALON PETANI GENERASI ALPHA

Melalui Wisata Edukasi Tanam Padi dan Hortikultura
Melalui Kebun Inovasi seluas dua hektar yang ada dikawasan kampus Politeknik Negeri Jember (Polije), siap dijadi ajang latihan dan mengenal akan potensi pertanian bagi siswa mulai TK, SD, SMP dan SMA/SMK/MA. Pengetahuan akan tatacara budidaya aneka tanaman dan manfaatnya, sangat penting bagi calon generasi mendatang. Mereka dalam ilmu sosiologi dikategorikan menjadi generasi milenial baik dari generasi Z maupun generasi Alpha, yang akan menjadi pemimpin masa depan.
Dari sekian pemanfaatan kegiatan wisata edukasi di kebun inovasi, Senin (25/5) kemarin sekitar 75 siswa TK dari TKIT Buah Hati Kita Jember, berkunjung, mengenal dan berlatih menanam Padi, Cabe dan  Terong. Mereka tampak sangat ceria dan asik berlatih sambal bermain, meski mereka bajunya berlumuran dengan lumpur.
Menurut Mahsus Nurmanto Humas Polije, Polije dengan kebun inovasi seluas sekitar dua hektar, menjadi lahan aplikasi tanam aneka tanaman pangan dan hortikultra, seperti Padi, Jagung, Pepaya dan aneka sayuran. “Sudah sangat banyak sekolah uang berkunjung ke kebun inovasi untuk kegiatan wisata edukasi”, ujarnya.
Tema yang bisa diterapkan di kebun inovasi, meliputi : tanaman, pekerjaan dan lain sebagainya. Polije juga mempunyai destinasi untuk wisata edukasi lainnya yaitu pabrik roti dan kue, serta peternakan. Disamping merupakan implementasi tema dalam kurikulum sekolah, wisata edukasi ini menjadi bagian penting secara intensif mengenalkan anak-anak dan calon generasi penerus akan potensi dan pentingnya ketahanan pangan di Indonesia, mengingat di sekian tahun mendatang ada bonus demografi, agar supaya produktifitas pendudukan optimal, perlu didukung dengan kecukupan bahan pangan dan memenuhi standar gizi, apalagi bisa dipenuhi melalui swasembada pangan.
Algi, salah satu peserta wisata edukasi tanam padi, mengatakan sangat senang dan merupakan pengalaman baru terjun ke sawah, bermain lumpur dan bisa menanam Padi. “Saya seneng sekali bisa menanam padi dan bermain lumpur”, ujarnya.
Sedangkan menurut Suciati salah guru, wisata edukasi bagi siswa sangat bermanfaat salah satunya untuk membentuk karakter unggul, disamping untuk memenuhi tuntutat kurikulum. “Tema program outing menanam Padi menjadi salah satu tema yang ada dikurikulum sekolah kami”, jelasnya. Menurut dia, keberadaan Polije yang mampu membantu mewujudkan tema outing ini, sangat membantu sekali dengan alasan karena terjangkau biaya dan jaraknya dari sekolah.
“Sekolah dengan beragai tingkatan maupun masyarakat, bisa bermitra dengan Polije baik wisata edukasi, wisata belanja dan petik sayur dan hortikultura lainnya, maupun berlatih ketrampilan dalam kaitannya program pemberdayaan masyarakat”, imbuh Mahsus Nurmanto

Keterangan foto :

Wisata Edukasi : Siswa TKIT Buah Hati Kita sedang Asik Belajar dan Berlatih Menanam Padi di Kebun Inovasi Polije

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Sat
Feb
23
2019
Fri
Jan
04
2019
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Tue
Dec
04
2018
Program Lintas Jenjang (PLJ) merupakan jalur penerimaan ma...