PRAMUKA POLIJE GELAR LASKAR PENA

Kerjasama dengan Saka Wira Kartika KODIM 0824 Jember
Suasana kampus Politeknik Negeri Jember (Polije)  di hari Sabtu dan Minggu (20-21/4) kemarin diwarnai banyak remaja tegap berseragam Pramuka dengan aneka kegiatan, mulai yel-yel, mendirikan tenda yag tersebar di lapangan upacara, halaman gedung jurusan Teknologi Informasi, Gedung Teknik dan GOR Perjuangan 45.
Menurut Ferdian Ketua UKM Pramuka Racana Arjuna Polije, selama dua hari kemarin Gugus Depan 02.155-02.156 Pangkalan Polije, menyelenggarakan kegiatan Laskarpena (Lomba Aksi Kreasi Penegak). Menurutnya Laskarpena ini bertujuan meningkatkan SDM gerakan Pramuka di Racana Arjuna-Srikandi serta mempererat tali persaudaraan sesama anggota UKM Pramuka di Politeknik Negeri Jember dalam berorganisasi.
“Laskarpena dilaksanakan setiap tahun, untuk menjalin persahabatan para anggota pramuka penegak se-Kabupaten Jember dan mengembangkan keterampilan dari masing-masing anggota pramuka penegak sehingga tumbuh jiwa kompetitif yang sehat, rasa percaya diri dan  tanggung jawab untuk melatih mental dan daya juang anggota prmuka untuk mencapai prestasi”, tandas Ferdian
Nama kegiatan yang akan dilaksanakan adalah LASKARPENA (Lomba Aksi Kreasi Penegak) Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Racana Arjuna-Srikandi Gugusdepan Jember 02.155-02.156 Pangkalan Politeknik Negeri Jember.
Laskarpena dengan tema “Bersama Pramuka mewujudkan generasi muda yang berkarakter smart, innovative, dan professional diikuti sebanyak 340 peserta yang terdiri dari 34 sangga , yakni 17 sangga putri dan 16 sangga putra. “Laskarpena ini kerjasama dengan Saka Wira Kartika Kodim 0824 Jember, dengan peserta yang mewakili Koramil se Kabupaten Jember”, imbuh Ferdian.
Dalam sambutan upacara pembukaan, Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP mengapresiasi aktifitas generasi milenial yang masih konsisten menempa dan membentuk karakter ulet dan unggul, ditengah hiruk pikuknya dinamika dampak, tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0.
“Polije sebagai salah satu PTN Vokasi unggulan di Indonesia, berkomitmen menghasilkan SDM unggul dan kompeten dalam berkontribusi terhadap pembangunan bangsa Indonesia”, terangnya. Bonus demografi di tahun 2045, menurut prediksi para ahli akan mengantarkan Indonesia menjadi negara terbesar ketiga dalam kekuatan ekonomi.
Selanjutnya Saiful berharap agar para Pramuka sebagai bagian penting generasi masa datang, menyiapkan diri dengan ilmu dan ketrampilan untuk mengambil peran penting dan berkontribusi sebagai agen perubahan kerarah yang lebih baik.
Dalam Laskar Pena kemarin dilombakan beberapa aktifitas meliputi : Scout Intelligent, Miniatur Pioneering, Long Malap, PBB dan Yel-yel, Navrat serta Tenda. Sangga yang dinobatkan sebagai juara umum adalah : Sangga Kencong untuk peserta putra dan untuk peserta putri dari Sangga Sukowono.
Hasil akhir lomba Scout Intelligent Putra : juara 1 Gabrielle Evan Farel dari Sangga Kencong, juara 2 Bima Tribuana Putra (sangga Kalisat) dan juara 3 Resi Akbar Ramadhan (sangga Sumbersari). Untuk kategori Putri : juara 1 Puja Dining Rahayu (sangga Kencong), juara 2 Siti Indahwati (sangga Puger) dan juara 3 Anggi Lutfiah (sangga Kaliwates)
Hasil akhir lomba Miniature Pioneering Putra : juara 1 Sangga Silo, juara 2 Sangga Kencong dan juara 3 Sangga Kalisat. Sedangkan kategori Putri : juara 1 Sangga Sukowono, juara 2 Sangga Kencong dan juara 3 Sangga Umbulsari.
Hasil akhir lomba Tenda Putra : juara 1 Sangga Silo, juara 2 Sangga Kencong, dan juara 3 Sangga Kalisat. Sedangkan kategori Putri : juara 1 Sangga Gumukmas, juara 2 Sangga Kalisat, dan juara 3 Sangga Sukowono.
Hasil akhir lomba Long Malap Putra : juara 1 Sangga Kaliwates, juara 2 Sangga Mayang, dan juara 3 Sangga Silo. Sedangkan kategori Putri : juara 1 Sangga Kaliwates, juara 2 Sangga Sukowono, dan juara 3 Sangga Kalisat.
Hasil akhir lomba Navrat Putra : juara 1 Sangga Mayang, juara 2 Sangga Sumbersari, dan juara 3 Sangga Kalisat. Sedangkan kategori Putri : juara 1 Sangga Wuluhan, juara 2 Sangga Sumberbaru, dan juara 3 Sangga Jenggawah.
Hasil akhir lomba PBB dan Yel-yel Putra : juara 1 Sangga Patrang, juara 2 Sangga Gumukmas, dan juara 3 Sangga Sumbersari. Sedangkan kategori Putri : juara 1 Sangga Patrang, juara 2 Sangga Gumukmas, dan juara 3 Sangga Wuluhan.

Keterangan foto :
Pramuka Milenial : Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP ketika membuka Laskar Pena (Lomba Aksi Kreasi Penegak) Kerjasama UKM Pramuka dan Saka Wira Sakti KODIM 0824 Jember

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Tue
Apr
16
2019
Hasil Desk Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK-PN ...
Wed
Mar
13
2019
Berikut adalah daftar calon mahasiswa baru yang dinyatakan L...
Sat
Feb
23
2019