PENDAFTARAN JALUR UMPN DITUTUP KAMIS LUSA

Pendaftar Saat ini Sudah melampaui Tahun lalu
Peminat seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember (Polije) melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) tahun 2019 membludak. Meski pendaftaran menyisakan 3 hari lagi, yang akan ditutup Kamis (20/6) lusa, data di laman pendaftaran https://pmb-online.polije.ac.id sampai Senin (17/6) jam 14.00 WIB, menunjukkan pendaftar kelompok IPA sudah 15,2 persen melampui pendaftaran tahun lalu, sedangkan pendaftar kelompok IPS, naik sebanyak 48 persen.
“Kecenderungan mendekati akhir pendaftaran, ada percepatan peningkatan jumlah pendaftar”, ujar Mahsus Nurmanto Humas Polije. Menurut dia, melihat indikasi calon pendaftar yang berkonsultasi melalui pusat informasi, aka nada percepatan jumlah pendaftar di hari-hari akhir menjelang penutupan pendaftaran.
Pengetahuan dan kesadaran untuk melanjutkan ke jenjang perhuruan tinggi khususnya PT vokasi, beberapa tahun belakangan ini semakin meningkat. Hal ini ditopang fakta bahwa lulusan PT vokasi semakin cepat terserap di dunia industri. Semakin meningkat juga pemahaman pengelola industry akan kompetensi lulusan PT vokasi yang mempunyai tingkat skill yang lebih tinggi dibanding kukusan dari PT akademik.
“Dengan kurikulum berbasis industry, yang lebih menitik beratkan pada aspek praktikum dengan proporsi kurikulum 40 persen teori dan 60 persen praktikum, lulusan PT vokasi termasuk didalamnya Polije, lulusan PT vokasi lebih siap bersaing di dunia industry”, tandas Mahsus Nurmanto.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik, Surateno, S.Kom, M.Kom, mendaftar dan menjadi mahasiswa baru Polije menjadi kesempatan dan pilihan strategis, bagi lulusan SMA/SMK dan MA untuk menjadi SDM unggul dan berdaya saing tinggi untuk memasuki industry terutama di era revolusi industry 4.0. “PT vokasi menjadi salah satu jawaban, akan terpenuhinya kebutuhan SDM unggul dan kompetitif sesuai kebutuhan industry terutama di era revolusi industry 4.0”, tuturnya.
Jalur UMPN Polije dibagi menjadi kelompok IPA dan IPS, dengan mendasarkan pada program studi yang dipilih di antara 21 program studi yang ada di Polije. “Bidang IPS meliputi 2 prodi yaitu prodi Bahasa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik, sedangkan yang termasuk bidang IPA meliputi semua prodi yang ada di Polije selain Bahsa Inggris dan Akuntansi Sektor Publik”, terang Surateno.
Jalur UMPN merupakan seleksi penerimaan maba melalui ujian tulis yang dilakukan bersama-sama dengan 43 Politeknik Negeri se Indonesia. Pendaftaran jalur UMPN Polije dilakukan hanya secara online melalui laman htpps://pmb-online.polije.ac.id.
Setiap peserta diberikan kesempatan memilih 4 pilihan prodi, dengan ketentuan pilihan 1 dan 2 hanya untuk pilihan prodi di Polije, sedangkan pilihan 3 dan 4 bisa dimanfaatkan untuk memilih semua prodi yang ada di Politeknik seluruh Indonesia.
“Pilihan 1 dan 2 hanya bisa dimanfaatkan di Polije atau Politeknik tempat pendaftaran, sedangkan pilihan 3 dan 4 bersifat tentatif, bisa dimanfaatkan untuk memilih prodi lintas Politeknik”, tandas Mahsus Nurmanto. Menurut dia, jalur UMPN menjadi salah satu jalur strategis untuk memperebutkan kuota 30 persen maba Polije tahun akademik 2019/2020.
Langkah pendaftaran dilakukan dengan melakukan registrasi lebih dahulu di laman pendaftaran, stelah diisi sesuai dengan tatacara yang benar, pendaftaran akan mendapatkan kiriman nomor virtual account (VA). Proses pendaftaran dilanjutkan dengan melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar 250 ribu melalui semua bank baik melalui loket, ATM, SMS banking, internet banking serta dilanjutkan dengan login ke laman pendaftaran dengan menggunakan nomor VA dan dilanjutkan dengan mengisi semua biodata sampai simpan final.
“Proses pendaftaran dikatakan tuntas, manakala pendaftar sudah melakukan registrasi, membayar biaya pendaftaran, login dan isi biodata sampai simpan final serta mencetak bukti pendaftaran dan biodata”, papar Mahsus Nurmanto,
Pelaksanaan tes tulis jalur UMPN akan dilakukan pada Sabtu (22/6), dua hari setelah pendaftaran ditutup. Lokasi pendaftaran akan dipusatkan di kampus Polije jalan Mastrip Jember, yang secara detil bisa dilihat di kartu pendaftaran.
Sedangkan mata pelajaran tes tulis untuk bidang IPA meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk bidang IPS meliputi : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Akuntasi.

Keterangan foto :
Pendaftar Meningkat : Wadir Bidang Akademik Surateno, S.Kom, M.Kom Ketika memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tes Tulis Jalur UMPN Polije

 

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Tue
Apr
16
2019
Hasil Desk Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK-PN ...
Wed
Mar
13
2019
Berikut adalah daftar calon mahasiswa baru yang dinyatakan L...
Sat
Feb
23
2019