PELATIHAN ROTI DAN KRUPUK PULI BAGI MASYARAKAT

Pelatihan Wirausaha Pembuatan RotiSebagai bagian dari usaha untuk mengurangi dampak kemerosotan ekonomi khususnya bagi masyarakat petani tembakau di Kabupaten Jember, maka pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur mengadakan program pemberdayaan masyarakat dengan melakukan pelatihan dan pendampingan agar menumbuhkan semangat menjadi wirausahawan baru khususnya di bidang Agro Industri. Berkenaan dengan hal tersebut agar hasilnya maksimal, maka pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur menggandeng Politeknik Negeri Jember sebagai lembaga pendidikan vokasi sebagai mitra pelaksana teknis sekaligus sebagai konsultan dalam pelatihan tersebut.

Sosialisasi, pelatihan dan pendampingan ini dilakukan pada 2 bidang, yaitu : Pelatihan Upaya Peningkatan Produksi Roti yang diikuti 25 warga dari Desa Gebang Kecamatan Patrang serta Pelatihan Upaya Peningkatan Produksi Krupuk Puli yang juga di ikuti 25 warga dari Desa Sumber Pinang Kecamatan Paksuari. Semua peserta tampak semangat dan antusias mengikuti materi pelatihan yang dipandu oleh instruktur yaitu : Ir. Abi Bakri, M.Si dan Amal Bahariawan, S.TP, MP untuk bidang produksi Krupuk Puli serta Ir. Wahyu Suryaningsih, M.Si dan Mokhamad Fatoni K, STP untuk bidang produksi Roti. Menurut Pak Abi dan Bu Wahyu target pelatihan dan pendampingan ini agar peserta pelatihan mampu mengembangkan usahanya, karena pada umumnya mereka sudah mempunyai usaha meskipun dalam skala kecil.

Pada kesempatan tersebut juga dibagikan bantuan sarana produksi bagi dua kelompok peserta, untuk kelompok Produksi Krupuk Puli berupa : Pengiris Krupuk, Penggiling Bumbu dan Peniris Minyak. Sedangkan bagi kelompok produksi Roti berupa : Mixer, Pengembang dan Sealer.

Direktur Politeknik Negeri Jember sangat mengharapkan peserta pelatihan dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga akan bermanfaat untuk mengembangkan usahanya baik dalam aspek proses produksi, kesehatan maupun aspek pengemasan serta pelatihan ini menjadi komitmen dan tugas Polije dengan memberikan sentuhan tekonologi terapan yang menjadi bagian pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini patut di apresiasi karena merupakan kepedulian pemerintah akan pemberdayaan industri kecil di wilayah sentra tembakau

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

17 October 2014
PROGRAM PROGRAM MAGISTER TERAPAN (S2) PROGRAM MAGI...
01 October 2014
Pelaksanaan Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS T...
27 September 2014
Menindaklanjuti hasil sinkronisasi data dengan P...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Wed
Aug
13
2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahasiswa Baru ...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...