POLIJE MENYIAPKAN PRODI DI LUAR DOMISILI

Membina Akademi Komunitas (AK) di 4 Kabupaten

Rapat KoordinasiAkademi komunitas merupakan jenjang pendidikan lanjutan bagi murid sekolah kejuruan untuk mendapatkan spesialisasi dalam bidang terapan. Dengan akademi komunitas, siswa sekolah menengah kejuruan berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan berkelanjutan setingkat diploma 1 dan 2 ataupun memiliki kompetensi yang unik sesuai kebutuhan industri. Mengingat potensi yang bersinergi dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, maka keterlibatan dan partisipasi dunia usaha dan industri dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, dengan, konsep link and match dapat direalisasikan. Dengan akademi komunitas atau community college, siswa SMK mempunyai berkesempatan untuk mendapat gelar terapan bila melanjutkan ke jenjang Politeknik.

Salah satu kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya mewujudkan ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dilakukan dengan mengembangkan pendidikan vokasi jangka pendek (D1 dan D2) yang berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja di daerah maupun dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta memperluas akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK). Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi Indonesia baru mencapai 16,35% (Sumber: BPS). APK PT adalah jumlah mahasiswa yang terdaftar di perguruan tinggi dibagi dengan jumlah penduduk pada kelompok usia yang sesuai dengan tingkat pendidikan tinggi.  Mengutip indikator World Competitiveness Report 2011-2012, Indonesia menempati posisi ke-87 dari 124 negara untuk indikator persentase penduduk yang terdaftar ke perguruan tinggi.

Melalui program Akademi Komunitas (AK) diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan kompetitif serta mengembangkan potensi daerah. Untuk itu, pada tahun 2012 akan didirikan Perguruan Tinggi Akademi Komunitas (AK) yang diharapkan  selain akan dapat  meningkatkan kemampuan lulusan SMA/SMK agar bisa mandiri, juga meningkatkan human capital secara nasional. Selain itu, AK juga dimaksudkan agar lulusannya dapat meneruskan studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi baik di universitas maupun politeknik. Sebagai langkah awal dari kegiatan ini maka telah disetujui 20 kabupaten/kota mendapatkan dana bantuan pendirian AK di tahun 2012, demikian menurut Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM.

Lagi-lagi Politeknik Negeri Jember sebagai perguruan tinggi vokasional dan kampus tekonologi terapan mempunyai konsentrasi tinggi dalam pengembangan SDM yang trampil dan mempunyai kompetensi unggul, dipercaya oleh Kemdikbud RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menjadi pembina dan mentor terhadap persiapan dan operasionalisasi Akademi Komunitas di Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Temanggung. Politeknik Negeri Jember dipercaya sebagai Pembina paling banyak, yaitu 4 kabupaten/kota dibanding 11 Politeknik yang lain.

Akademi Komunitas (AK) di 4 kabupaten/kota yang menjadi binaan Polije meliputi program studi D1 dan D2. Di kabupaten Nganjuk terdiri dari prodi : Pengolahan Hasil Pertanian (D2) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Sidoarjo terdiri dari prodi : Boga Pengolahan Hasil Perikanan (D1) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Situbondo terdiri dari prodi : Teknologi Informasi (D2) dan Industri Pangan (D2) serta kabupaten Temanggung terdiri dari prodi : Budidaya Kelapa Sawit (D1), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (D1) serta Pembenihan dan Budidaya (D1), demikian imbuh koordinator Tim Pendamping Ir. N. Bambang Eko S, M.Si. Polije untuk pendampingan pembentukan AK ini telah membentuk tim yang beranggotakan : Ir. Abi Bakri, M.Si, Ir. Rr. Liliek Dwi S, MP, Budi Prasetyo, S.Pt, MP dan Dr. Ir. Hari Rujito, MP

Menurut Permendiknas nomor : 20 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili pasal 2 bahwa dengan prinsip akuntabilitas publik perguruan tinggi dengan mutu setara dengan program studi di perguruan tinggi Pembina, sedangkan menurut pasal 3 bahwa penyelenggaraan Prodi diluar domisili juga harus didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah yang bersangkutan.

Pengelola Akademi Komunitas

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

25 July 2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademi...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...