LOMBA IDE DAN KREATIFITAS BISNIS

Membekali Mahasiswa Polije menjadi Entrepreneur 

Jabat Tangan Pelatihan KewirausahaanSemakin meningkatnya jumlah pengangguran terdidik semakin memperkuat bukti sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi adalah lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator). Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Pertama, sistem pembelajaran yang diterapkan berbagai perguruan tinggi masih lebih memfokuskan bagaimana menyiapkan para mahasiswa untuk cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan, bukannya lulusan yang siap menciptakan pekerjaan. Alasan lain, mind set mahasiswa, masih ‘pencari kerja’ bukan ‘pencipta lapangan kerja’, serta masih rendahnya aktifitas-aktivitas kewirausahaan (entrepreneurial activity) mahasiswa.

Untuk mengatasinya, Kemendibud RI melalui Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) membuat suatu program yang dapat mewadahi suatu aktifitas wirausaha yang disebut Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) atau Student Entrepreneur Program. Aktifitas tersebut didukung oleh semua perguruan tinggi lebih-lebih Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai pendidikan tinggi vokasional yang menitik beratkan lulusannya mempunyai ketrampilan dan kompetensi tinggi terhadap dunia usaha dan dunia industry, yang telah melaksanakan program dan aktifitas kewirausahaan bagi mahasiswa sejak tahun 2009. Sebagai bagian dari strategi pendidikan di perguruan tinggi, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk mulai berlatih, mencoba memanfaatkan peluang dan tantangan berwirausaha. Beberapa fasilitas yang akan diberikan oleh program ini meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan pemodalan dalam bentuk modal kerja, dan pendampingan usaha.

Tujuan program dan aktifitas kewirausahaan adalah menumbuhkan motivasi berwirausaha dikalangan mahasiswa, membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, beermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, invoatif, berani mengambil resiko dengan perhitungan, berperilaku pemimpin, dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial, meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business, menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi, menciptakan bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta membangun jejaring (networking) bisnis antarpelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.

Sedangkan manfaat bagi mahasiswa adalah memberikan kesempatan untuk terlibat langsung dengan kondisi dunia kerja guna meningkatkan soft skill-nya, memberikan kesempatan langsung untuk terlibat dalam kegiatan nyata di UKM guna mengasah jiwa wirausaha serta menumbuhkan jiwa bisnis (sense of business) sehingga memiliki keberanian untuk memulai usaha didukung dengan modal yang diberikan dan pendampingan secara terpadu.

Menurut Direktur Politeknik Negeri Jember, Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM PMW diarahkan sebagai kegiatan yang dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa Polije sehingga mempunyai kesempatan yang lebih luas setelah lulus dengan menjadi seorang wirausahawan yang tangguh dibidangnya masing-masing. Namun selain itu juga diharapkan muncul bentukan usaha atau produk unggulan mahasiswa yang muncul saat pelaksanaan program atau selama menjadi mahasiswa.

Menurut Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP PMW lebih memberikan dinamika baru dalam program, maka telah dilakukan serangkaian kegiatan antara lain Kuliah Umum Entrepreneurship kerjasama dengan Bank CIMB-Niaga untuk memperkaya wawasan, motivasi dan pengalaman dalam menjalankan usaha. Untuk menggali lebih dalam akan ide dan kreatifitas mahasiswa, untuk memancingnya juga dilakukan dengan menyelenggarakan lomba Ide dan Kreativitas Bisnis bagai mahasiswa. Lomba ini menitikberatkan pada ide bisnis atau produk yang dapat secara riil terjangkau dilaksanakan oleh mahasiswa,ide yang dimaksud harus sangat kreatif, unik, spesifik, dan secara finansiil wajar mampu dikelola mahasiswa. Menurut Ketua Panitia PMW Ir. Yana Suryana, MT, agar dapat merangsang partisipasi mahasiswa, maka telah disediakan hadiah total sebesar IDR 3 juta untuk 6 pemenang dan berkesempatan lebih luas untuk mendapatkan dana bergulir Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

POLIJE Enterpreneurship

Dari hasil penilaian Dewan Juri, maka telah memilih ide-ide terbaik sebagai berikut :

Pemenang

Nama

Prodi

Judul

Juara I

Setiawan Agung W

TET

Lampu Taman Lampion Unik Berteknologi Tinggi

Juara II

Siti Lutfiyatul F

MNA

Pisang Kaget

Juara III

Ragil Ramadhani

TET

Permaks Rambut Digital

Juara Harapan

Isnaini Qoriatul F

RMD

Cuci Motor Antar Jemput Jasa

Juara Harapan

Jufri

TET

Bantal Disiplin

Juara Harapan

Rezita Rahmi Amelia

GKL

Bakso Kejut Sehat

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 September 2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementer...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...