INTERNATIONAL WORKSHOP ON ANIMAL SCIENCE

Initiating a Research Colaboration antara RMUTT Thailand dan POLIJE

International Workshop of Animal Science di POLIJESetelah MOU antara Politeknik Negeri Jember dan Rajamanggala University of  Technology Tanyaburi Thailand (RMUTT) Thailand dalam rentang Mei 2008-2012 dengan aktifitas join degree (student exchange) dan Staff Exchange, maka mengingat prospek dan manfaat di masa yang akan datang serta pentingnya memperluas jaringan peningkatan kinerjan menuju world class university, maka telah dilakukan penandatangan MOU tahap 2012- Mei 2016. Dalam rentang kerjasama ke depan disamping memperkuat dan memperluas program yang sudah berjalan yakni join degree dan staf exchange, maka dipandang perlu dilakukan inisiatif untuk melakukan Riset Colaboration.

Berkenaan dengan hal tersebut pada Jum’at, 3 Agustus 2012 telah hadir delegasi RMUTT Thailand yang dipimpin Dr. Dowroong Watcharinrat dengan anggota tim Dr. Somjit Thanomwongwatana dan Dr. Satian Paggol sebagai Ketua Jurusan Peternakan, bersama-sama dengan pejabat dan tim ahli terkait melakukan International Workshop on Animal Science for Initiating a Research Colaboration. Di awal workshop Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto, M.Si Atase Pendidikan di Thailand memaparkan “Research Strategy  antara Indonesia dan Thailand. Untuk menuju ASEAN Community 2015 diperlukan kerjasama antar perguruan tinggi dengan you to you, kalau dilihat dalam populasi ASEAN dalam hal pelajar dan mahasiswa Indonesia mempunyai populasi 55 juta yang hampir sama dengan pendudukan Thailand. Hal ini sudah sangat layak untuk memulai people to people contact connectivity antara masyarakat di ASEAN”. Menurut Prof Didik, di masa yang akan datang join riset menjadi sangat strategis karena mempunyai keuntungan berganda, antara lain meningkatkan publikasi internasional meningkat, meningkat akreditasi program studi serta sebagai persiapan menuju world class university.

Selanjutnya kedua belah pihak menyampaikan paparannya berkaitan dengan macam dan capaian riset di perguruan tinggi masing-masing. Dari Polije disampaikan oleh Ir. Anang Sutirtoadi, MP dan pihak RMUTT oleh Dr. Somjit Thanomwongwatana. Dari paparan kedua belah pihak, mengerucut menuju kesepakatan dan kesepahaman dengan meningkatkan join degree, staf exchange, riset dan magang untuk mahasiswa, riset untuk dosen. Adapun bidang riset untuk inisiatif  join riset yang akan dilaksanakan pada bidang animal science. Sedangkan agreement sebagai konklusi Internastional Workshop kali ini perlu secepatnya membangun payung dasar Research Colaboration khususnya di bidang agriculture and food, serta mempertimbangkan isu-isu terkini yang dikaitkan dengan pemilihan topik riset. Hal ini seiring dengan target kesepakatan dalam ASEAN Community 2015 yang meliputi food security, Human security dan culture.

Di bagian lain Direktur Pelaksana Program Pengembangan Unggulan dan Urusan Luar Negeri (PPU dan ULN) Ir. N. Bambang Eko Silistiyono, M.Si menuturkan bahwa Polije juga mengembangkan kerjasama bukan hanya dengan Thailand saja, tetapi juga dengan Kyungpook National University (KNU) Korea Selatan untuk bidang food science serta ke University Language and International Study (ULIS) Vietnam untuk bidang bahasa dan pariwisata.

Menari Gambyong di POLIJE

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...