MAHASISWA THAILAND BELAJAR BUDAYA INDONESIA DI POLIJE

join degree Thailand sedang berlatih Tari GambyongSebagai bentuk konkrit kerajasama dalam program Join Degree antara Politeknik Negeri Jember (Polije) dengan Rajamanggala University of Technology Tanyaburi Thailand (RMUTT) Thailand sebagai peningkatan kinerjanya menuju class of international university, maka dengan difasilitasi oleh BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri) Kemendikbud RI mulai Senin, 4 Juni 2012 Polije telah menerima 5 mahasiswi RMUTT Thailand untuk melakukan program Join Degree pada program studi Produksi Ternak Jurusan Peternakan selama 1 semester (3 mahasiswi) dan 2 semester (2 mahasiswi). Mengingat program kerjasama ini juga merupakan student exchange, maka Polije juga telah mengirimkan 13 mahasiswa yang berasal dari 3 program studi (Manajemen Bisnis Unggas, Produksi Ternak dan ) selama 2 semester mengikuti Join Degree di RMUTT Thailand.

Tentu yang menjadi sedikit masalah klise bagi mahasiswa asing adalah soal iklim, makanan dan bahasa. Demikian halnya yang dialami oleh Chalermporn Timachai, Sakuna Kotchapan, Valilux Jeamsupa, Onauma Salabsri dan Sangravee Bunsomphob, itulah 5 nama mahasiswa asal Thailand tersebut merasakan diawal kedatangan di kampus Polije. Agar mempermudah adaptasi, m
ereka didampingi 2 mahasiswa yang mantan mahsiswa join degree, dari aspek bahasa dan kebiasaan mahasiswa pendamping tersebut dapat sekaligus berperan sebagai penerjemah. Untuk meminimalisir kendala bahasa, maka pada 1 bulan pertama mereka belajar khusus tentang bahasa Indonesia. Direktur Polije Bapak Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dalam kesempatan terpisah menyampaikan “salut atas semangat serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kampus, aktif mengikuti kuliah dan praktek serta berbaur dengan mahasiswa Polije”. Bahkan menurut Direktur Eksekutif LPIU dan Urusan Luar Negeri Bapak Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si agar mereka enjoy tinggal di Jember, “mereka juga diberikan nama panggilan akrab : Ayu, Dewi, Bunga, Rubi dan Melati”. Demikian halnya soal makan, juga tidak terlalu sulit. Mereka suka lalapan dan sambal trasi dan bahkan suka berbaur sarapan di kantin asrama. Mereka juga sering jalan-jalan melihat kota Jember. Dari keakrabannya mereka tampak menikmati sekali dan krasan.

Yang tak kalah menarik bagi mereka ketika belajar budaya Indonesia, mulai dari etika pergaulan, mengucapkan salam, cara berpakaian, bertoleransi dengan orang yang berpuasa, kesenian bahkan berlatih Tari Gambyong. “dengan belajar budaya Indonesia, dapat menjadi bekal mereka menceritakan khasanah budaya Indonesia khususnya Jember sebagai promosi ketika kembali ke Thailand”

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

25 July 2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademi...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...