PROGRAM LINTAS JENJANG KELAPA SAWIT

D-IV Kelapa Sawit POLIJEPoliteknik Negeri Jember sebagai perguruan tinggi vokasional dan kampus tekonologi terapan mempunyai konsentrasi tinggi dalam pengembangan SDM yang trampil dan mempunyai kompetensi unggul, sejak awal tahun 1990an telah menghasilkan lulusan yang tersebar di berbagai instansi baik pemerintah, BUMN dan swasta. Khusus di bidang perkebunan lebih dari 20 perusahaan Kelapa Sawit baik PMA dan PMDN telah membuktikan kehandalannya.

Sebagai bagian membangun kemitraan dan kerjasama antara Polije dengan dengan berbagai perusahaan Kelapa Sawit, didapatkan kesimpulan bahwa lebih 20 perusahaan tersebut sangat puas dengan kinerja alumni Polije. Alumni Polije menjadi salah satu diantara 4 lembaga pendidikan yang menghasilkan SDM unggul di bidang Kelapa Sawit, hal tersebut terbukti dengan mereka telah menduduki beberapa pos penting.

Mengingat alumni tersebut merupakan lulusan D3 di bidang Perkebunan, sedangkan untuk menduduki strata jabatan General Manager, Manager dan Asisten Direksi dibutuhkan kualifikasi pendidikan setingkat sarjana (S1/D4), hal ini yang belum dipunyai oleh alumni Polije meskipun secara skill sudah sangat memadai dan layak menduduki jabatan tersebut. Untuk menjembatani hal tersebut dibukalah Program Lintas Jenjang (PLJ) Kelapa Sawit yang merupakan Program Studi Manajemen Agroindustri (D4) Jurusan Manajemen Agribisnis.

PLJ Kelapa Sawit diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan professional tertentu, termasuk keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggung jawab mandiri pada tingkat tertentu, memiliki keterampilan manajerial, serta mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan, dan teknologi dalam bidang Kelapa Sawit. Program Diploma IV Manajemen Agroindustri Kelapa Sawit bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional sebagai motivator, dinamisator dan innovator dalam bidang agroindustri Kelapa Sawit. Program ini dilaksanakan selama 3 semester atau 12 bulan dan  diperuntukkan bagi lulusan D 3 semua disiplin Ilmu Pertanian atau Ilmu Ekonomi dengan beban 46 SKS.

Menurut Koordinator Pelaksana Ir. H. Triono B Irawan, MP, direncanakan perkuliahan dan praktikum dilaksanakan dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) melalui "dual mode", yaitu dengan menggunakan media video conference. Jadi dengan system video conference perkuliahan dapat dilakukan dari daerah masing-masing mahasiswa yang juga merupakan karyawan di area perkebunan Kepala Sawit, yang sementara ini dikonsentrasikan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pendaftaran Gelombang dua PLJ Kelapa Sawit dibuka mulai 1 Oktober sampai dengan 30 November 2012.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

23 September 2014
Dibuka Pendaftaraan Kelas Pembelajaran English For...
27 September 2014
Menindaklanjuti hasil sinkronisasi data dengan P...
01 October 2014
Pelaksanaan Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS T...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Wed
Aug
13
2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahasiswa Baru ...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...