PELATIHAN KEDISIPLINAN MAHASISWA POLIJE

Orientasi Mahasiswa Baru Polije dengan Pelatihan Kedisiplinan

Upacara PEKA POLIJE 2012 di SECABAPengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) yang merupakan orientasi bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember merupakan hal yang sangat strategis, mengingat pelaksanaan pembelajaran di Polije yang merupakan perguruan tinggi yang berbasis vokasional sedikit berbeda karena dalam sistem pembelajarannya memberikan porsi praktikum lebih dominan (+ 60 %), sehingga memerlukan kesiapan fisik dan mental serta komitmen serta kedisiplinan yang tinggi bagi seluruh mahasiswanya.

Tak terkecuali bagi 1269 mahasiswa baru Polije, selama 3 hari mulai Minggu sampai Selasa, 4 September 2012 mengikuti pelatihan kedisiplinan, kesamaptaan dan bela Negara bertempat di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam V Brawijaya Jember. Pelatihan kedisiplinan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari PEKA dan hal ini telah dilakukan mulai awal Polije berdiri serta dilaksanakan hampir semua Politeknik di Indonesia. Menurut Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan “pelatihan kedisiplinan dan wawasan kebangsaan ini sangat penting bagi mahasiswa untuk melatih bertanggung jawab, eksistensi dan menanamkan nilai-nilai luhur perjuangan agar menunjang optimalisasi pelaksanaan pembelajaran di Polije yang memerlukan komitmen dan kesiapan fisik serta mental agar menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dan trampil sesuai kebutuhan pembangunan”.

Demikian halnya bagi mahasiswi dari sejumlah 565 peserta, mereka juga harus mengikuti semua kegiatan kedisiplinan baik lapang maupun materi di kelas. Agnes Cholifah mahasiswa baru prodi Teknologi Industri Pangan merasakan sesuatu hal baru yang belum dialami selama ini. Menurut Agnes “disamping dilatih kedisiplinan, manfaat yang saya peroleh adalah pentingnya menjaga kekompakan, semangat berbagi dan toleransi”. Sedangkan menurut Ahmad Khoirul Umam mahasiswa baru prodi Rekam Medik yang masuk melalui jalur PMDK “alhamdulillah, bapak saya selalu mengajarkan disiplin di banyak hal, akan tetapi dalam PEKA ini merupakan hal baru dan saya semakin merasakan pentingnya membangun komitmen dan tanggung jawab”.

Outbound PEKA Polije di SECABA

Selama 3 hari peserta PEKA diajari PBB, materi wawasan kebangsaan, tata upacara sipil, out bond. Menurut Fian Ketua Panitia PEKA “memang pada awalnya bagi mahasiswa pelatihan kedisiplinan ini sesuatu yang relatif baru dengan sedikit sentuhan ala militer dalam materi pelatihan, akan tetapi selanjutnya mereka kelihatan menikmati terutama pada acara out bond mereka lepas mengekpresikan diri dalam melatih keberanian dan kekompakan. Dengan singkatnya pelatihan kedisiplinan ini, dapat menjadi inspirasi dan modal dasar dalam meniti pendidikan yang lebih disiplin dan tanggung jawab”. Selanjutnya kegiatan PEKA dilanjutnya dengan materi pengenalan kehidupan akademik yang dilaksanakan di kampus Polije.

Suasana Outbound PEKA 2012

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Fri
Oct
17
2014
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Terapan...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...