PEKA 2012

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Polije

Direktur Polije pada PEKA 2012Selama seminggu terhitung mulai 2 s.d. 9 September 2012 telah dilaksanakan Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) bagi 1269 mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember sebagai kancah membangun kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan menyiapkan mental bagi mahasiswa baru setelah mereka berkompetisi dengan ketat mengikuti seleksi baik melalui jalur Bidik Misi, UMPN, PMDK dan PMDK Jalur Bakat Skolastik serta sebagai bekal dalam memasuki gerbang pendidikan perguruan tinggi vokasional, khususnya yang berkaitan dengan kehidupan kampus. Proses pembelajaran di perguruan tinggi sangat berbeda dengan proses belajar mengajar di sekolah menengah. Pengenalan kehidupan kampus sangat perlu untuk dimengerti dan di pahami, agar setiap mahasiswa baru mampu merencanakan kesuksesan selama mengikuti proses pembelajaran di Polije dengan hasil maksimal, mempunyai kompetensi sesuai dengan bidangnya serta selesai tepat waktu.

Kegiatan Pengenalan Akademik (PEKA) dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu pelatihan kedisiplinan dan wawasan kebangsaan dilaksanakan selama 3 hari mulai 2 s.d 4 September 2012 yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan Sekolah Calon Bintara (SECABA) Rindam V/Brawijaya Jember serta selebihnya dilaksanakan di Kampus Polije. Selama di Secaba mahasiswa baru digembleng berkaitan dengan kedisiplinan serta diberikan materi PBB, Wawasan Kebangsaan, Tata Upacara Sipil serta outbond. Sedangkan kegiatan di kampus meliputi peraturan akademik dan kemahasiswaan, ketentuan dan berkaitan dengan layanan fasilitas, profil Jurusan dan Program Studi serta organisasi kemahasiswaan.

Proses pembelajaran di perguruan tinggi yang berkaitan dengan beban studi dan pengalaman belajar mahasiswa diukur dengan menggunakan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS). Khusus dalam pendidikan di Politeknik sistem yang diterapkan adalah sistem paket semester program Diploma Politeknik. Sedangkan kurikulumnya terdiri dari kurikulum inti dan institusional yang mempunyai struktur kurikulumnya meliputi MK Pengembangan Kepribadian (MPK), MK Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), MK Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), MK Keahlian Berkarya (MKB) serta MK Perilaku Berkarya (MPB).

Secara keseluruhan PEKA 2012 ditutup pada Minggu Siang bertempat di GOR Perjuangan 45 Polije oleh Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan. Dalam sambutan penutupan, pak Joko sangat mengapresiasi partisipasi peserta yang sangat antusias mengikuti setiap kegiatan dan menjadikan pelaksanaan PEKA pada tahun ini relatif lebih baik dan lancar. Demikian halnya kepada seluruh jajaran panitia juga disampaikan penghargaan atas kerja keras dan kerjasamanya, semoga akan menjadi bagian penting dari proses membangun SDM yang berkualitas dan berkompetensi unggul.

 PD II Polije pada Peka 2012

 

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

25 July 2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademi...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...