WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS PENELITI PEMULA

Seminar di POLIJESebagaimana telah diamanatkan dalam UU nomor 14 tahun 2005 dan PP nomor 37 tahun 2009, maka dosen adalah pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk dapat menyelenggarakan kewajiban penelitian, setiap perguruan tinggi dituntut untuk memiliki dosen yang kompeten serta mampu menyusun proposal, melaksanakan penelitian serta mendesiminasikan hasil penelitiannya dan pada akhirnya dapat menghasilkan berbagai proses dan produk teknologi, seni dan budaya yang berujung antara lain HAKI dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut penelitian tersebut harus dilakukan secara professional dengan prinsip-prinsip akuntabel, transparan dan mengacu kepada sistem penjaminan mutu penelitian.

Tidak terkecuali Politeknik Negeri Jember sebagai perguruan tinggi vokasional setiap dosen dituntut selalu proaktif dan kreatif merangkai ide dan masalah yang akan dijadikan topik penelitian yang pada akhirnya disusun dalam sebuah proposal penelitian. Untuk melatih sekaligus memfasilitasi para dosen muda, maka telah dilaksanakan workshop peningkatan kualitas  dan daya kompetisi penelitian bagi peneliti pemula.

Workshop selama sehari kemarin yang diikuti oleh 30 peserta dengan narasumber Dr. Ir. Hari Rujito, MT yang menyajikan tatacara penyusunan proposal mulai dari merenungkan ide dan gagasan, membuat judul, membuat abstrak, latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan masalah secara spesifik dan tajam. Menurut Ir. Michael Joko Wibowo, MT Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), “workshop ini diperuntukkan bagi Dosen pemula agar selalu belajar sistem pendidikan di PT dalam melaksanakan Tri Dharma PT yang salah satunya bidang penelitian agar dapat menyusun proposal yang baik dan mendapatkan hibah dikti”. Masih menurut pak Bowo bahwa setiap dosen mempuyai peluang mendapatkan hibah baik yang bersifat desentralisasi (penelitian dasar, hibang bersaning dan lainnya) maupun sentralisasi (hibah kompetisi, hibah strategi nasional dan lain sebagainya).

Serangkaian acara juga telah disiapkan oleh P3M sebagai implementasinya kepada setiap peserta setelah workshop didampingi oleh Dr. Ir. Hari Rujito, MT dalam penyusunan proposal agar sesuai dengan kaidah proposal penelitian agar layak mendapatkan hibah biaya penelitian serta pihak P3M akan memantau pelaksanaan penelitian, seminar sampai dengan penerimaan sebagai artikel jurnal ilmiah.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

20 June 2016
Jadwal dan Tempat Registrasi :Registrasi bagi ...
25 April 2016
Jalur MANDIRI 2016 merupakan penerimaan mahasiswa ...
Mon
Jun
06
2016
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...
Fri
Apr
22
2016
UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik ...
Thu
Apr
21
2016
Politeknik Negeri Jember menyediakan Biaya Pendidikan bagi M...