PELATIHAN CALON DOSEN PENDAMPING AKADEMI KOMUNITAS

Para calon Dosen pendamping AK sedang mendengarkan materi Pendidikan Karakter oleh Prof Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur, Ph.DKementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pendidikan Tinggi dalam Undang-undang No 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi, telah menetapkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi melalui pengembangan program pendirian perguruan tinggi yg disepakati bernama akademi komunitas(AK). AK merupakan kebijakan Ditjen Dikti Kemdikbud dalam upaya mewujudkan ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dilakukan dengan mengembangkan pendidikan vokasi jangka pendek (D1 dan D2) yang berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja di daerah maupun dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta memperluas akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Dalam rangka pendirian AK tersebut, melaui SK Mendikbud No.161-P-2012 Politeknik Negeri Jember diberi mandat untuk menyelenggarakan program studi di luar domisili yg menyebar di 4 kabupatenyaitu : Kab. Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Kab.Temanggung. Berdasarkan mandate tersebut untuk mensukseskan aktifitas pemberlajaran pada PS di luar domisili di 4 Kabupaten diatas, dipandang perlu diadakan Pelatihan Pendidikan Karakter, Spft Skill, Pekerti (Peningkatan Ketrampilan Penyusunan Teknik Instruksional) serta Workshop bagi calon pendidik (Dosen) pendamping dan pengelola AK di 4 kabupaten tersebut

Pelatihan ini akan diselengaraakan mulai hari ini Kamis, 27 s.d 30  September 2012  yang diikuti kurang lebih 80 peserta yg berasal dari 4 Kabupaten dimana pembelajaran Program Studi di luar domisili akan diselenggarakan. Adapun materi yga kan disampaikan pada pelatihan ini meliputi : materi pendidikan soft skill, materi pendidikan karakter, materi pekerti, dan dilanjutkan kegiatan workshop kurikulum.

Akademi Komunitas (AK) di 4 kabupaten yang menjadi binaan Polije meliputi program studi D1 dan D2. Di kabupaten Nganjuk terdiri dari prodi : Pengolahan Hasil Pertanian (D2) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Sidoarjo terdiri dari prodi : Boga Pengolahan Hasil Perikanan (D1) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Situbondo terdiri dari prodi : Teknologi Informasi (D2) dan Industri Pangan (D2) serta kabupaten Temanggung terdiri dari prodi : Budidaya Kelapa Sawit (D1), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (D1) serta Pembenihan dan Budidaya (D1).

Dalam evaluasi penyelenggaraan pelatihan, panitia sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitia Ir. Abi Bakri, M.Si mencatat poin-poin penting, bahwa sebagian besar peserta berasal dari guru SMK. Menurut Pak Abi : “sebagian besar peserta memang sudah terbiasa bergumul dengan penyusunan kurikulum, pendidikan karakter dan soft skill, tapi Akademi Komunitas mempunyai karakter sangat berbeda disbanding dengan pendidikan SMK”. Dalam paparan sambutan penutupannya Direktur Polije memberikan suntikan motivasi “4 AK dibawah binaan Politeknik Negeri Jember dinilai oleh Ditjen Dikti mempunyai kinerja paling baik dan paling siap, dan saya berharap kita akan menjadi AK yang terbaik”.

Perkembangan Akademi Komunitas binaan Polije berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, sudah memasuki babak pengumuman. 3 AK yang meliputi Kabupaten Nganjuk, Sidoarjo dan Temanggung sudah selesai melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru, yang hasilnya dapat diunduh di www.polije.ac.id, sedangkan Kabupaten Sitobondo masih dalam tahap proses seleksi.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

20 August 2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...