UKM SKIM GELAR LKTI

LKTI SKIM di POLIJEKegiatan Mahasiswa (UKM) Studi Karya Ilmiah Mahasiswa (SKIM) Politeknik Negeri Jember merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengasah dan mengasuh talenta dan kreatifitas dibidang penelitian dan karya tulis, telah menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) antar SMA/SMK dan MA tingkat Jawa Timur. LKTI ini merupakan even perdana dalam membangun tradisi ilmiah bidang penelitian bagi siswa SMA dan sederajat dan akan dijadikan agenda setiap tahun. LKTI 2012 mengambil tema “Peningkatan dan Pemanfaatan Hasil Pertanian dalam Menunjang Kewirausahaan di Kalangan Pelajar SMA/SMK/MA”. Menurut Ketua Panitia Icmi Alif Safitri “Agenda ini baru pertama kali diselenggarakan oleh UKM SKIM dan

LKTI yang memperebutkan hadiah total sebesar 5 juta ini sangat mendapatkan perhatian dari siswa SMA dan SMK di seantero Jawa Timur, terbukti sampai batas akhir pengumpulan karya tulis, masih ada beberapa tim yang berusaha menguhubungi panitia untuk mendaftarkan karya tulisnya. Penyeleksian tahap awal baik yang menyangkut kelengkapan administratif, judul naskah, kesesuaian isi dengan judul berikut tata cara penulisan ilmiah< dibutuhkan mengingat membludaknya pendaftar LKTI, agar tim yang berhak masuk ke babak grand final pada saat mempresentasikan di depan dewan juri adalah betul-betul karya tulis yang memenuhi kaidah dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Menurut Ir. Dian Hartatie, MP dan Ir. Sri Rahayu, MP sebagai Tim Seleksi naskah karya tulis, pada dasarnya ide dasar yang melatar belakangi karya tulis cukup menjanjikan apabila LKTI semacam ini diperbanyak kuantitas dan kualitas intensitas penyelenggaraannya.

Pada babak grand final di ikuti 10 tim yang tersebar berasal dari Pamekasan, Tuban, Magetan, Sidoarjo, Surabaya, Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso dan Jember. Mereka pada Sabtu, 20 Oktober 2012 mulai pagi hingga sore bertempat di Gedung Pusat Laboratorium Biosain diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan mempertahankan di depan 4 Juri yang terdiri dari Ir. Rindiani, MP, Ir. Wahyu Suryaningsih, M.Si, Muh. Fathoni Kurniawan, S.TP dan Dyah Nuning Erawati, SP, MP.

Guratan harap dan cemas menyelimuti segenap peserta pada saat menjelang pengumuman pemenang di malam harinya setelah di siang harinya mereka harus berjibaku dengan kepercayaan diri, dengan tim serta upaya meyakinkan Dewan Juri dengan pemaparan dan pertanyaannya. Terlihat rasa bangga, ditimpali sorak sorai pendukung dan tim pendamping tatkala Setiawan Agung Wisesa selaku MC, mengumumkan Ahmad Hasinur Rahman dan Ainun Nissa dari SMAN 1 Pamekasan dengan judul “Pemanfaatan Cuka Makan pada Modifikasi Singkong sebagai Bahan Baku Pembuatan Tepung Alternatif Pengganti Tepung Terigu” sebagai Juara I dan berhak menggondol hadiah sebesar Rp. 2 juta, Trofi dan Piagam, Juara II dari SMAN I Tuban (Esterina Apriliani, Latifatul Fajriah dan Riska Amelia) dengan judul “Memanfaatkan Cabai sebagai Bahan Pembuatan Es Krim”, Juara III SMA Al Falah Surabaya dengan judul “Stick Beluntas sebagai salah satu Alternatif Camilan Herbal yang Ekonomis dan Menyehatkan” dengan anggota tim Hikmatul Uyun dan Qurrota A’yun serta Juara Harapan sekaligus Juara Favorit diraih oleh Subur Dwi Santoso, Fauzi Ardiyanto dan Wayu Tirto Pamuji dari SMKN 2 Jember dengan judul “Inovasi Makanan Ringan Kerupuk Suyuzi Asli B.K. (Bunga Kol) sebagai salah satu Peluang Usaha bagi Lulusan SMK”. Juara II, III dan seterusnya berhak mengantongi hadiah sebesar 1,5 juta, 1 juta, 500 ribu dan paket dari sponsor.

Dalam sambutan penutupan selepas menyerahkan penghargaan kepada pemenang, Pembantu Direktur bidang Kemahasiswaan Ir.Joko Irsan Sanyoto MP menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada peserta dan akan memberikan beasiswa penuh untuk para juara serta mengucapkan selamat sukses kepada UKM SKIM yang telah memulai tradisi ilmiah dan menjadi pemicu dan pemacu bagi mahasiswa Polije dalam meningkatkan minat meneliti dan menulis karya tulis ilmiah.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember