SEMINAR INTERNASIONAL GLOBAL TREND IN POULTRY BUSSINESS

Seminar Inter Peternakan di POLIJEDalam rangka menciptakan tradisi ilmiah dalam suasana akademik yang kondusif, dipandang perlu selalu di upayakan peningkatan kapasitas keilmuan setiap sivitas akademika untuk menunjang tercapainya kompetensi sesuai dengan bidang masing-masing. Sebagai bagian peningkatan kerjasama antara Politeknik Negeri Jember dengan Program Pascasarjana Manajemen Bisnis Institut Pertanian Bogor dalam penyelenggaraan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Magister Manajamen Terapan Agribisnis melalui system ”Dual Mode”, telah mengadakan Seminar Internasioal dengan tema “Global Trend in Poultry Bissiness”. Seminar Internasional ini juga bekerja sama dengan PERHEPI (Perhimpunan Ekonomi Pertanian) Bogor yang dilaksanakan pada : Kamis, 18 Oktober 2012, jam 08.30 s.d 12.00 WIB bertempat di Ruang Mahoni Gedung MB IPB Jl. Raya Pajajaran Bogor. Bertindak sebagai narasumber adalah Mr. Gordon Butland (G&S Agriconsultans Co. Ltd/Strategi Advisor Global Poultry Industy Analyst) dan Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc. (Direktur MB IPB) serta sebagai moderator Dr.Ir. Idqan Fahmi, MEc. (Pengurus PERHEPI Komisariat Bogor).

Dr. Gordon Butland memaparkan makalah tentang “Feed and Livestock in South East Asia” sedangkan Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc menyampaikan topik “ Improving the Competitiveness of Poultry Industry in Indonesia”. Dalam presentasinya Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc menyampaikan paparan bahwa bisnis peternakan unggas merupakan suatu kegiatan usaha yang sangat sensitif terhadap biaya output dan harga outputnya (cost and output price sensitive). Beberapa faktor yang mempengaruhi Global Tren in Poultry bussiness diantaranya adalah faktor permintaan dan pasokan daging unggas, selian itu Pak Arif juga menyampaikan Faktor kunci Industrialisasi unggas, daya saing industri serta tantangan dan peluang bisnis unggas.

Dibagian lain dipaparkan juga kaitannya dengan Factors Affecting Supply dan Factors Affecting Demand. Berkaitan beberapa faktor yang mempengaruhi Supply adalah harga bahan baku (DOC, pakan dan biji-bijian), harga output, pertumbuhan genetic, teknologi (manajemen Nutrisi, pertumbuhan promotants) , perubahan iklim , Kesehatan dan kesejahteraan hewan, lingkungan dan kebijakan pemerintah. Biaya pakan dalam industri perunggasan memiliki kontribusi yang sangat besar, sekitar 65 sampai 70 persen dari total biaya produksi secara keseluruhan. Volatilitas harga pakan sangat dipengaruhi oleh kondisi pasar internasional, mengingat sebagian input (misalnya jagung dan kedelai) masih diimpor.

Demikian halnya berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya harga daging ayam, substitusi ayam, jumlah penduduk, tren urbanisasi, pendapatan perkapita, Distribusi pendapatan, selera dan preferensi, supermarket revolusi dan kebijakan pemerintah. Peluang untuk perkembangan bisnis peternakan unggas, Pertumbuhan permintaan domestik untuk melanjutkan15-20% [broiler], Konsumsi di Indonesia per kapita rendah memberikanpotensi yang cukup untuk pertumbuhan, Ayam adalah sumber protein termurah, Risiko Harga bergeser dari petani keintegrator [Pertanian Kontrak], Terus-menerus upgrade teknologi danketerampilan petani, pangsa pasar Basah menurun nilai lebih , Kesempatan untuk FDI (Foreign Directinvestasi )

Seminar Internasional kali ini disiarkan secara teleconference di Ruang Sidang lantai III Gedung Asih Asah Asuh Politeknik Negeri Jember dan diikuti sebanyak 54 peserta terdiri dari Pimpinan, Ketua Jurusan dan ketua Program Studi, Mahasiswa S3 Manajemen Agribisnis Universitas Brawijaya, mahasiswa pascasarjana angkatan I MB-IPB Dual Mode Politeknik Negeri Jember.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 September 2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementer...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...