POLIJE GELAR STADIUM GENERAL AK

Kuliah Perdana Akademi Komunitas Serentak di 4 Kabupaten
Pencanangan Kuliah Perdana Akademi Komunitas di Kabupaten Situbondo oleh Saiful Anwar, S.TP, MP (Pudir II)Undang-undang No 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi, telah menetapkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi melalui pengembangan program pendirian perguruan tinggi yg disepakati bernama akademi komunitas(AK). AK merupakan kebijakan Ditjen Dikti Kemdikbud dalam upaya mewujudkan ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dilakukan dengan mengembangkan pendidikan vokasi jangka pendek (D1 dan D2) yang berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja di daerah maupun dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta memperluas akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Dalam rangka pendirian AK tersebut, melaui SK Mendikbud No.161/P/2012 Politeknik Negeri Jember diberi mandat untuk menyelenggarakan program studi di luar domisili yg menyebar di 4 kabupatenyaitu : Kab. Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Kab.Temanggung. Berdasarkan mandat tersebut telah dilakukan proses seleksi mahasiswa baru dan penyiapan sarana dan prasarananya, untuk menyukseskan aktifitas pemberlajaran pada Prodi di luar domisili di 4 Kabupaten tersebut, pada Senin, 5 November 2012 jam 15.00 WIB telah dilakukan Stadium General sebagai pencanangan kuliah perdana serentak di 4 Kabupaten penyelenggara Akademi Komunitas. Sebagai narasumber Stadium General meliputi : Saiful Anwar, S.TP, MP (Situbondo), Dr. Ir. Bagus P. Yudhia K, MP (Sidoarjo), Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP (Nganjuk) dan Ir. Dwi Djoko Suranto, MT (Temanggung). Stadium General diikuti disamping mahasiswa baru dan Dosen AK, juga dihadiri oleh para Bupati dengan jajarannya serta anggota DPRD.

Pada Akademi Komunitas Situbondo, Bupati H. Dadang Wigiyarto, SH memberikan apresiasi yang luar biasa. “saya minta semua mahasiswa AK memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk mengikuti setiap perkuliahan dan praktikum”, demikian motivasi pak Bupati. Pada bagian lain sambutannya beliau berpesan, bahwa keberadaan AK akan sangat membantu meningkatkan kualitas SDM yang mempunyai kompetensi unggul di Kabupaten Situbondo.
Menurut Saiful Anwar, S.TP, MP yang juga Pembantu Direktur Bidang Administrasi Umum Polije, AK Situbondo sementara ini masih berinduk pada Politeknik Negeri Jember. AK merupakan perguruan tinggi vokasional yang menjadi penjabaran UU No 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi. Dalam paparan stadium generalnya pak Saiful menjelaskan potensi, fasilitas dan prospek Politeknik Negeri Jember ditengah peluang dan tantangan dalam menghadapi kebutuhan dunia usaha akan lulusan yang terampil dan mempunyai kompetensi unggul, demikian halnya dengan AK sebagai pendidikan vokasi jangka pendek (D1 dan D2) yang berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja serta memperluas akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Akademi Komunitas (AK) di 4 kabupaten yang menjadi binaan Polije meliputi program studi D1 dan D2. Di kabupaten Nganjuk terdiri dari prodi : Pengolahan Hasil Pertanian (D2) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Sidoarjo terdiri dari prodi : Boga Pengolahan Hasil Perikanan (D1) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Situbondo terdiri dari prodi : Teknologi Informasi (D2) dan Industri Pangan (D2) serta kabupaten Temanggung terdiri dari prodi : Budidaya Kelapa Sawit (D1), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (D1) serta Pembenihan dan Budidaya (D1).

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 September 2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementer...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...