POLIJE PERKUAT KAPASITAS PENGELOLA AK

Sebagai penguatan pengelolaan Program Studi di luar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Jember, yang menjadi cikal bakal berdirinya Akademi Komunitas di empat Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Temanggung yang menjadi binaan Politeknik Negeri Jember, pada minggu kemarin selama 3 hari bertempat di Hotel Klub Bunga Kota Batu para pengelola Akademik Komunitas (AK) dari empat kabupaten di undang mengikuti workshop dan pelatihan dengan materi penyusunan sistem perencanaan, pengelolaan dan pelaporan dalam rangka peningkatan pengelolaan asset.

Dr. Ir. Bagus P Yudhia K, MP Pembantu Direktur Bidang Akademik dalam sambutannya mewakili Direktur menuturkan bahwa pada beberapa tahun kedepan PDD akan menjadi Akademi Komunitas yang harus dikelola secara mandiri dengan akuntabilitas yang dapat dipertanggung jawabkan. “sebagai pengelola AK dibutukan pengetahuan manajerial dan teknis yang berkaitan dengan perencanaan, penganggaran, pelaporan, pengadaan barang dan jasa serta sistem informasi akuntansinya”, demikian paparan pak Bagus.

Dalam sesi pertama dipaparkan oleh Agus Riyanto, SE, M.Si Kabag. Perencanaan dan Sistem Informasi disajikan materi  yang berkaitan dengan Proses penyusunan perencanaan program, kegiatan  dan anggaran. Menurut pak Antok  mekanisme perencanaan harus dilakukan secara bersama-sama oleh setiap unit yang terkait, sehingga tidak terdapat tumpang tindih dan tidak terlaksananya program /kegiatan yang diamanatkan. ”usulan Rencana Program dan Kegiatan diharapkan dapat menggambarkan kebutuhan anggaran untuk kurun waktu satu tahun ke depan, dengan merinci menurut Program, Kegiatan, dan Sumber Dana (Mengikat, Tidak Mengikat dan PNBP)” demikian imbuh Pak Antok.

Narasumber pada siang hari dari Kantor Pengelola Kekayaan Negara dan Lelang Jember, pak M. Eko Agus Y menyampaikan pentingnya pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), dengan menganut falsafah dan memenuhi prinsip kebenaran, ketelitian dan dapat dipertanggung jawabkan baik secara fisik maupun manfaatnya. Sedangkan dibagian akhir Dr. Ir. Achmad As’ad Sonief, MT selaku TOT Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) memaparkan gambaran umum pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) sesuai Perraturan Presiden RI nomor 54 tahun 2010 beserta perubahannya. ”PBJ berkaitan dengan prinsip dan kebijakan dan peraturan pengadaan, para pihak yang terkait, pengelola dokumen, etika dan pengendalian serta pengawasan”, demikian tutur Pak Sonief.

Pada hari ketiga, semua peserta diajak ber-outbond dengan tema game berkaitan pada aspek management and character building. Outbond memanfaatkan hamparan landscap dan fasilitas yang ada di Hotel Klub Bunga.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember