POLIJE KATROL TEKNIK PENELITIAN DAN JURNAL ILMIAH DOSEN

Kembangkan Karir Dosen serta Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat
Seorang Dosen sebagai tenaga pendidik mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran pada perguruan tinggi. Kemampuan intelektual, kesabaran dan kepedulian dalam mentransferkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa merupakan salah satu kunci sukses proses pendidikan dan pengajaran serta proses menancapkan pada aspek kepemimpinan dan semangat entrepreneurship sebagai bekal lulusan dan aset pembangunan bangsa.

Dosen sebagaimana diuraikan dalam UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen, disamping sebagai pendidikan profesional, ilmuan serta juga mempunyai tugas mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan iptek dan seni melalui Tridarma Perguruan Tinggi. Sebagai penjabaran tugas Tridarma PT salah satunya adalah penelitian, maka dibutuhkan kemampuan, ketrampilan dalam melakukan perencanaan, observasi, pelaksanaan sampai dengan penulisan jurnal ilmiah. Mengingat urgensinya kemampuan tersebut dibutuhkan program berkelanjutan dalam bentuk workshop untuk mengatrol kemampuan teknik penelitian dan penyusunan jurnal ilmiah sebagai bagian penting untuk mengembangkan karir bagi Dosen Polije. Workshop yang diselenggarakan baru-baru ini diikuti oleh semua dosen Polije dan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Wasmen Manalu dari IPB dan Taufan Sudrajat, SE, M.Si dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas).

Menurut Pembantu Direktur Bidang Akademik Dr. Ir. Bagus P Yudhia K, MP, Penelitian sebagai salah satu tridarma harus dilaksanakan secara terpadu. “hakikat penelitian adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi” demikian menurut Pak Bagus. Banyak program penelitian yang didanai oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti, baik dalam bentuk hibah penelitian desentralisasi maupun hibah penelitian kompetitif nasional, untuk dibutuhkan atmosfer penelitian ilmiah yang dibangun atas dasar kepercayaan, dilaporkan berdasarkan validitas data dan informasi, menjelaskan fenomena secara akurat dan tanpa bias agar dapat dipertahankan dan menjunjung tinggi pada aspek tata nilai dalam scientific conduct.

Prof. Dr. Wasmen Manalu memaparkan secara detil berkaitan dengan penelitian dan penulisan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah. “Dosen sebagai peneliti mempunyai tugas untuk membaktikan diri pada pencarian kebenaran ilmiah untuk memajukan ilmu pengetahuan dan menemukan teknologi dan menghasilkan inovasi bagi peningkatan peradaban dan kesejahteraan manusia”, demikian menurut Prof. Wasmen. Masih menurutnya, penulisan artikel ilmiah membutuhkan teknik khusus dan dengan gaya bahasa sendiri agar tulisan ilmiahnya mampu menjembatani antara peneliti dan pembaca. Disamping itu artikel ilmiah juga merupakan kontribusi keilmuan untuk kemajuan iptek serta sebagai sarana promosi diri dalam kapasitas sebagai ilmuan.

Pada sesi lanjutan Taufan Sudrajat, SE, M.Si menyampaikan Permendiknas nomor 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Dalam paparannya disampaikan secara rinci mulai lingkup dan pelaku, tempat dan waktu, pencegahan, penanggulangan dan sanksi. “pemahaman secara menyeluruh terhadap Permendiknas 17/2010 ini sangat penting, agar setiap dosen atau peneliti berhati-hati agar dalam penulisan artikel ilmiah tidak terjerumus menjadi seorang plagiat” demikian menurut Pak Taufan.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

17 October 2014
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magist...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Wed
Aug
13
2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahasiswa Baru ...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...