PT BUMITAMA GUNAJAYA AGRO GANDENG POLIJE

Kerjasama Pengembangan Pendidikan, Recruitment, Training/Retooling
Alumni Politeknik Negeri Jember khusus Program Studi (prodi) Produksi Tanaman Perkebunan, sudah tersebar dan dipercaya menduduki posisi penting di lebih 20 perusahaan Kelapa Sawit nasional. Salah satunya adalah PT. Bumitama Gunajaya Agro (BGA), sebagai perusahaan Kelapa Sawit yang berpusat di Jakarta, PT. BGA lahan perkebunannya tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi serta terus melakukan ekspansi sebagai konsekuensi potensi Kelapa Sawit di Indonesia. Mengingat sudah beberapa tahun belakangan melakukan perekrutan di kampus Polije, maka kedua belah pihak menyepakati meningkatkan kerjasamanya bukan hanya pada perekrutan saja, akan tetapi diperluas mulai dari pengembangan pendidikan, training/retooling dan penempatan PKL.
Bertempat di ruang sidang utama pimpinan pada Kamis, 29 Nopember 2012 dengan disaksikan oleh para Pembantu Direktur, Kepala dan Tim Badan Kerjasama, pihak PT. BGA yang diwakili oleh Agus Sutrisno, SP, MM sebagai Head of Human Capital Group Departement telah menandatangani MOU dengan Direktur Politeknik Negeri Jember. Dalam sambutannya Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM memberikan apresiasi kepada PT BGA yang selama ini telah memberi kesempatan kepada alumni untuk berkarir serta mengimplementasikan ilmunya. “kami siap dan sangat terbuka untuk memperluas kerjasama mulai pengembangan pendidikan, training karyawan BGA, PKL system ikatan dinas dan lain sebagainya” demikian sambutan pak Nanang.
Pada bagian lain pak Agus Sutrisno, SP, MM menjelaskan, bahwa MOU dengan Polije merupakan penandatanganan MOU ke 8 dengan Perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya dijelaskan penandatangan MOU ini sangat strategis sebagai bentuk penyiapan SDM yang sampai saat ini menjadi masalah besar bagi perusahaan Kelapa Sawit, mengingat semakin berkembangnya jumlah perusahaan dan luas lahan, sehingga tingkat perpindahan SDM antar perusahaan Kelapa Sawit itu sendiri cukup tinggi, sedang lulusan khususnya pada bidang perkebunan serta yang berkenan bekerja di perkebunan diluar Jawa masih harus perlu ditingkatkan. “ kami akan melakukan perekrutan sebelum lulus, baik regular maupun melalui jalur PKL serta akan membangun training center di sentra perkebunan BGA”, demikian imbuh pak Agus.
Tingginya minat perusahaan merekrut alumni Politeknik Negeri Jember dikarenakan sebagai perguruan tinggi vokasional dan kampus tekonologi terapan mempunyai konsentrasi tinggi dalam pengembangan SDM yang trampil dan mempunyai kompetensi unggul, dengan kurikulum yang terdiri 40% terori dan 60% praktikum, setiap mahasiswa sudah terbiasa dengan intensitas tinggi mengasah ketrampilan serta dengan ditunjang dengan penguatan dalam aspek karakter, kedisiplinan serta entrepreneurship, sehingga para alumninya relatif cepat menyesuaikan dengan kondisi pekerjaan nyata di dunia usaha dan dunia industri.
Sebagai bagian membangun kemitraan dan kerjasama antara Polije dengan dengan berbagai perusahaan Kelapa Sawit, didapatkan kesimpulan bahwa lebih 20 perusahaan tersebut sangat puas dengan kinerja alumni Polije. Alumni Polije menjadi salah satu diantara alumni 4 lembaga pendidikan yang menghasilkan SDM unggul di bidang Kelapa Sawit, hal tersebut terbukti dengan mereka telah menduduki beberapa pos penting.

 

Keterangan foto :
Tandatangani MOU : penyerah naskah kerjasama (MOU) antara PT. BGA sengan Polije

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

20 August 2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...