MAHASISWA BIDIKMISI POLIJE BERPRESTASI NASIONAL

Dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa, khususnya mutu pendidikan dan pengembangan potensi sumber daya daerah yang dinilai masih harus ditingkatkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan program beasiswa Bidikmisi. Program beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Program beasiswa Bidikmisi juga dimaksudkan untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat yang kurang mampu dan mempunyai potensi akademik memadai untuk menempuh pendidikan sampai jenjang pendidikan tinggi serta upaya menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dan memutus mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Program ini sudah memasuki tahun yang ketiga dan menurut data yang dilansir Kemendikbud prestasi yang diraih para penerima beasiswa sangat membanggakan, yaitu lebih dari 20 persen dari mereka meraih Indeks Prestasi Sementara (IPS) antara 3,51-3,99, sebanyak 58 persen meraih IPS antara 2,75-3,50, bahkan sebanyak satu persen diantara mereka meraih IPS sempurna 4,00. Hanya empat persen diantara mereka yang memperoleh IPS dibawah 2, sementara sisanya meraih IPS antara 2,00-2,74. Pada  tahun  2012  Bidikmisi dilanjutkan  dikembangkan  menjadi  30.000  calon mahasiswa  penerima  yang  diselenggarakan  di  87  perguruan  tinggi  negeri dibawah  Kemdikbud dan program Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Agama.
Politeknik Negeri Jember, sebagai perguruan tinggi vokasional kiprahnya sangat dinantikan didalam ikut mewarnai proses pembangunan bangsa khususnya dalam menyiapkan dan menyediakan sumber daya yang trampil, unggul, cerdas, kompetitif, maka Politeknik Negeri Jember pada 2012 telah dipercaya pemerintah untuk menyalurkan beasiswa Bidikmisi sebanyak 150 beasiswa.
Untuk membangun sinergi program beasiswa Bidikmisi ini beberapa waktu lalu Kemdikbud menyelenggarakan Forum Bidikmisi Nasional. Pada forum ini diundang 500 mahasiswa dari angkatan 2010 dan 2011, dengan kriteria mahasiswa yang merupakan anak yatim/pitau/yatim-piatu, serta ber Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna (4,00). Dalam forum ini diisi dengan mendengar arahan Presiden RI, dialog dengan Mendikbud, Diskusi dengan tokoh dan pakar serta kunjungan wisata.
Dalam sambutannya Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP selaku Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan menuturkan, bahwa sebagai bukti keberhasilan Politeknik Negeri Jember dalam mengelola program beasiswa Bidikmisi, maka telah diundang 8 mahasiswanya untuk hadir di Forum Bidikmisi Nasional serta berhak mendapatkan sertifikat sebagai Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi. “Mereka adalah Okta Fifiana R prodi Produksi Ternak (IPK 3,92/Yatim-Piatu), Jimmi Ardian Syah Prodi Teknik Energi Terbarukan (IPK 3,7/Yatim-Piatu), Qanitah prodi Teknik Energi Terbarukan (IPK 4,00), Azam Arfiyanto prodi Manajemen Agribisnis (IPK 4,00), Moch. Fauzil Mustofa prodi Manajemen Agribisnis (IPK 4,00), Rahmalia Irmawati prodi Manajemen Agribisnis (IPK 4,00), Rina Sofiana prodi Teknik Produksi Benih (IPK 3,87/Yatim-Piatu) dan Angga Eka Pratama prodi Produksi Ternak (IPK 4,00/Yatim-Piatu)” demikian tutur Joko Irsan Sanyoto.

Pada saat menyerahkan sertifikat sebagai Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi Direktur Politeknik Negeri Jember Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada mahasiswa bidikmisi penerima sertifikat mahasiswa berprestasi. “semoga akan menjadi generasi yang akan mewarnai keberhasilan bangsa di masa yang akan datang serta sertifikat ini membuktikan bahwa setiap anak bangsa layak mendapatkan kesempatan yang sama dan terbuka untuk menempuh pendidikan tinggi

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

17 October 2014
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magist...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Wed
Aug
13
2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahasiswa Baru ...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...