MELESTARIKAN BUDAYA NUSANTARA

Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler Dewa Budaya
Dalam rangka gelaran Dies Natalais ke 24 Politeknik Negeri Jember, disamping dimeriahkan dengan kegiatan yang bersifat spiritual, olah raga maupun aspek nguri-nguri budaya luhur bangsa Indonesia. Kegiatan budaya kali ini dengan dipagelarkan Wayang Kulit Spektakuler Dewa Budaya, dengan dalang Ki Andix Ferry Bisono dari Semboro Jember, seorang dalang debutan baru yang cukup kreatif dalam tampilan pagelarannya. Dalam gelaran ini di pentas lakon “Parikesit Wisudo”. Pagelaran dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2013 bertempat halaman depan kampus.

Sinopsis lakon ini, menggambarkan tokoh Parikesit berupaya mencapai tahta sebagai raja di  kerajaan Hastinapura melalui perjuangan yang sangat keras serta tidak mengenal lelah dan putus asa. Dalam perjuangannya Parikesit tidak pernah meninggalkan sifat kedisiplinan dan kejujuran yang pernah diajarkan oleh Sang Maha Guru.

Makna yang sangat mendalam cerita lakon ini, apabila diterapkan dalam kehidupan di kampus Politeknik Negeri Jember, sangat pas dan patut dijadikan motivasi dan penyemangat, khususnya bagi mahasiswa dalam menjalani proses pendidikan agar lebih sungguh-sungguh, aktif dan kreatif agar pada saat lulus (wisuda) menjadi lulusan yang trampil dan berprestasi yang siap menjadi aset bangsa dan ikut mewarnai pembangunan bangsa.

Ditampilkannya pagelaran Wayang Kulit disamping untuk melestarikan karakter-karakter budaya dan tradisi Jawa yang saat ini mulai terkikis, juga merupakan bagian meningkatkan komunikasi dan bina lingkungan dengan masyarakat lingkungan kampus. Hal ini tampak dari dari antusias penonton mulai dari unsur Pimpinan, pegawai, mahasiswa dan warga masyarakat, tampak antusias sampai larut malam.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

25 July 2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademi...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...