POLIJE TINGKATKAN PANGKALAN DATA PT

Sebagai Peningkatan Layanan Informasi Akademik
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam peningkatan layanan informasi akademik serta menunjang program keterbukaan informasi publik. Berkenaan dengan hal tersebut Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai perguruan tinggi vokasional selalu mengembangkan sistem akademik yang selalu di sinkronkan dan dimantapkan menjadi PDPT terintegratif.

Hal ini dilakukan salah satunya dengan menyelenggarakan Workshop dan Sosialisasi Sistem PDPT dalam rangka Peningkatan Layanan Informasi Akademik (4-5/2). Workshop ini diikuti oleh semua Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, pimpinan unit kerja lainnya serta pelaksana adminsitrasi setiap Program Studi.

Menurut Ketua Panitia (Ir. Dwi Djoko Suranto, M,Si) untuk membangun PDPT yang terintegratif akan dicapai melalui bebarapa kegiatan yaitu workshop sistem PDPT, Sinkronisasi serta Pemantapan PDPT. “workshop bertujuan untuk mengembangkan sistem akademik menjadi satu kesatuan serta memberi umpan balik bagi unit kerja tentang data yang dibutuhkan”, demikian papar Dwi Djoko Suranto.

Harapan Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, PDPT harus menjadi sistem yang terpadu. “PDPT harus konsisten, mudah diakses secara cepat dan akurat” demikian imbuh Nanang Dwi Wahyono. Selanjutnya dibutuhkan sustanibilitas dalam input data dari setiap unit kerja sehingga menjadi PDPT terintegratif yang akan memudahkan pemangku kepentingan dalam mengambil kebijakan dan menyusun program.

Menurut narasumber workshop Dr. Ir. Bagus P Yudhia K, MP, PDPT merupakan rekaman data terpusat yang menyangkut data akademik dan non akademik, yang dikelola secara  tersistem agar dapat dihasilkan informasi yang bermakna, hal ini untuk mendukung pengelolaan perguruan tinggi sebagaimana siklus manajamen PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang pada akhirnya akan menghasilkan pengembangan berkelanjutan (continuous improvement). “PDPT merupakan elemen sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPM-PT)”, demikian menurut Bagus P Yudhia. SPM-PT adalah sistem yang dibentuk melalui tiga kegiatan yang meliputi : PDPT sebagai proses pengumpulan, pengolahan dan penyimpanan data dan informasi untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dulu dinamakan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED), Penjaminan Mutu Internal (PMI) sebagai kegiatan evaluasi diri (internally driven) untuk memenuhi atau melampui SNP secara berkelanjutan serta kegiatan Penjaminan Mutu Eksternal (PME) yang merupakan penilaian kepayakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau lembaga mandiri di luar PT yang diakui pemerintah.

“SPM-PT yang berkelanjutan dan yang memenuhi dan melampaui SNP yang telah ditentukan oleh PT dapat dicapai dengan mensinergikan antara PDPT sebagai vertical accountability, PMI sebagai internal-horizontal accountability dan PME sebagai external-horizontal accountability ” demikian kesimpulan Bagus P Yudhia Kurniawan.

Ketrangan foto :

Penjaminan Mutu : Dr. Ir. Bagus P Yudhia K, MP sebagai narasumber workshop Sistem Pangkalan Data PT

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Fri
Oct
17
2014
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Terapan...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...