POLIJE SEDIAKAN BEASISWA UNGGULAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Mencetak Mahasiswa Berprestasi dengan Beasiswa Unggulan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencanangkan program beasiswa unggulan (BU) baik nasional maupun internasional. Program BU bertujuan untuk melahirkan insan terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, integritas dan kredibilitas tinggi, berkepribadian, unggul, moderat, serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara. Tujuan utama dari beasiswa ini adalah meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia yang mendukung pembangunan. Seluruh unit pendidikan dari tingkat pusat sampai pada tingkat perguruan tinggi, politeknik, pusat penelitian, diharapkan agar memahami dan mendukung penuh pelaksanaan program beasiswa unggulan.

Pada tahun 2013 Polije pada tahap I mendapat kuota 54 BU yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang minggu kemarin telah diumumkan, “masih terbuka peluang untuk mendapatkan tambahan kuota, sebagaimana tahun sebelumnya” tutur Ir. Nantil Bambang Eko Sulistiyono, M.Si Direktur Pelaksana LPIU dan Urusan Luar Negeri. Mengingat terbatasnya jumlah BU dibanding jumlah peminat, maka perlu dilakukan penyeleksian dengan persyaratan, peminat mempunyai nilai UNAS minimal rata-rata 8 serta mempunyai prestasi akademis dan non akademis yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan.

Menurut Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, spesifikasi peruntukan BU, sangat cocok dengan sistem pendidikan di Polije, karena Polije telah mengimplementasikan kurikulum berdasarkan rambu-rambu Standar Isi Pendidikan Tinggi (SIPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan mengintegrasikan muatan pendidikan karakter dan pengembangan budaya kewirausahaan. Kurikulum Polije mempunyai proporsi 60% praktikum baik laboratorium dan lapang serta 40% teori, “setiap mahasiswa secara intensif diasah kemampuan hard skill dan soft skillnya serta ditunjang dengan penguatan dalam aspek karakter, kedisiplinan serta entrepreneurship” demikian tutur Nanang Dwi Wahyono. “Pembekalan bagi mahasiswa BU dilakukan dengan antara lain wajib melaksanakan apel setiap Senin pagi, mengikuti setiap pelatihan dan seminar, aktif menjadi pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM/UKMJ), pelatihan bahasa Inggris (TOEIC), Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) serta leadership”, demikian imbuh Nantil BES.

Polije sebagai perguruan tinggi vokasional kiprahnya sangat dinantikan didalam ikut mewarnai proses pembangunan bangsa khususnya dalam menyiapkan SDM yang trampil, unggul, cerdas, kompetitif. Polije sejak 2006 telah dipercaya pemerintah untuk menyalurkan BU yang ditujukan kepada mahasiswa berprestasi agar termotivasi dapat menempuh perkuliahan dengan sungguh-sungguh, lulus tepat waktu, aktif dalam kegiatan kemahasiswaan serta mempunyai entrepreneurship.

Disamping BU tingkat nasional Polije juga memberikan BU tingkat internasional, yang pada tahun 2013 ini akan mengirim sejumlah mahasiswa untuk mengikuti program double degree. “kita akan mengirim 15 mahasiswa ke Rajamanggala University of  Technology Tanyaburi Thailand (RMUTT) Thailand selama 2 semester, 5 mahasiswa ke Kyungpook National University (KNU) Korea selama 1 semester serta 6 mahasiswa pascasarjana Magister Manajemen Terapan Agribisnis ke Kasetsart University Thailand selama 1 semester dengan sistem transfer kredit untuk menempuh program agroindustry management (M.Sc)” demikian tutur Nantil BES.

Keterangan foto :
BU Internasional : Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM ketika Melepas Mahasiswa Penerima BU pada Program Student Exchange ke KNU Korea.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 September 2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementer...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...