PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASJID KAMPUS

Sinergi Polije dengan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia
Perguruan Tinggi memiliki tanggungjawab moral untuk menyiapkan kepemimpinan masa depan bangsa dengan mengembangkan kesadaran politis dalam jalur akademik disertai semangat intelektual: kritis dan aktivis; mengembangkan kesadaran kemajemukan dan sikap toleransi untuk hidup bersama sebagai warga negara; dan mengembangkan pemahaman keagamaan yang moderat di antara dua pemahaman ekstrim, liberalisme dan radikalisme. Dalam hal ini, Masjid Kampus memiliki kedudukan dan peran strategis dalam mengembangkan pemahaman keagamaan mahasiswa dengan wawasan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Melihat perkembangan permasalahan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa-Ditjen Dikti) bekerja sama dengan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) mencanangkan perlunya pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Mahasiswa Berbasis Masjid Kampus. Mengingat program ini sangat strategis dan sebagai langkah antisipatif, Politeknik Negeri Jember (Polije) pada Sabtu (16/2/2013) melakukan MoU dengan AMKI dan Rumah Amal Salman ITB. Menurut Ketua Panitia Ir. H. Triono B Irawan, MP, Penandatangan MoU ini dibarengkan dengan pelaksanaan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Mahasiswa Berbasis Masjid Kampus, yang dihadiri Ketua dan Sekretaris Jurusan, pembinaa kemahasiswaan dan pengurus Takmir Masjis Al-Istiqamah. “Hadir sebagai narasumber Ketua AMKI Prof. Dr. Ir. H. Hermawan K Dipojono, MSEE dan Dr. H. Ahmad Fuad Efendi dari Universitas Negeri Malang”, tambah Triono.

Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dalam sambutan menyampaikan bahwa berkembangnya pemikiran liberalisme hingga radikalisme agama, dalam bidang sosial politik, merentang pemikiran yang primordial, sekterian, hingga gerakan transnasional sampai dengan degradasi moral dan akhlak, salah satu yang memberi kontribusi keadaan tersebut adalah keringnya teladan. “Dibutuhkan pembinaan karakter yang santun, berintegritas dan jujur, agar proses pembinaan karakter dapat dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan, sehingga mahasiswa dapat menjadi generasi yang menjadikan Islam sebagai Agama yang Rohmatallil ‘Alamin”, tutur Nanang Dwi Wahyono.

Menurut Ketua AMKI Hermawan K Dipojono, kontribusi Masjid Kampus dilakukan dengan memposisikan diri sebagai wadah berhimpun seluruh sivitas akademika dari berbagai madzhab pemikiran keagamaan. “Masjid tidak bisa dan tidak boleh partisan serta Masjid Kampus harus sebagai laboratorium sosial menampilkan mozaik Islam yang warna-warni” tutur Hermawan. Menurutnya Masjid Kampus menjadi perekat sosial. sekaligus lokomitif gerakan dakwah yang mampu menghimpun seluruh potensi, kekuatan, sumberdaya, dan jaringan yang dimiliki umat untuk kemaslahatan masyarakat, bangsa, negara, dan umat Islam di mana pun tinggal.
Dalam konteks pembelajaran, menurut Fuad Efendi Masjid Kampus berfungsi sebagai laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menyajikan wawasan Islam secara inklusif, dan tidak sekterian. “Wawasan Islam itu disajikan langsung dari sumber ajaran, yakni Al-Qur’an dan hadits serta sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW”, tambah Fuad Efendi.

Diperlukan revitalisasi Masjid Kampus agar mempunyai peran dan fungsi sebagaimana Masjid pada jaman Rasulullah SAW, bukan hanya sebagai tempat ibadah, akan tetapi Masjid juga sebagai majelis Ilmu, silaturrahmi maupun membicarakan masalah umat  agar mempunyai kekokohan ilmu dan akhlak. Program ini dapat dilakukan dengan mensinergikan mentoring bagi mahasiswa, pembentukan rumah bina karakter yang berbentuk asrama mahasiswa dan asrama masjid maupun tempat kos disekitar kampus serta pemanfaatan kegiatan keagamaan serta sinergi muatan pendidikan karakter dalam kurikulum Polije.

Keterangan foto :

Bangun Karakter : penandatanganan MoU antara Polije dengan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia pada program Pendidikan Karakter Mahasiswa Berbasis Masjid Kampus.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

25 July 2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademi...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...