POLIJE JOINT PROGRAM PEMINATAN AGRIBISNIS SAPI PERAH

Kerjasama dengan PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk dan VEDCA
Kebutuhan perusahaan akan tenaga terampil pada aspek teknis dan manajerial merupakan suatu yang sangat urgen, hal ini selaras dengan model pendidikan vokasional sebagaimana yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Jember (Polije). Keunggulan kurikulum Polije yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan mengintegrasikan muatan pendidikan karakter dan pengembangan budaya entrepreneurship dan didukung dengan 60% praktikum, spesifikasi inilah yang menarik PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk untuk bekerjasama membuka kelas khusus program studi Produksi Ternak dengan bidang peminatan Agribisnis Sapi Perah (Diploma III). Menurut Zulkarnain HRD Manajer PT. Ultrajaya Milk Industry (Ultrajaya), pihaknya tertarik kerjasama karena Polije mempunyai Jurusan Peternakan yang lulusannya banyak terserap dan menduduki posisi penting di industri peternakan. “Kami mendapat referensi dari kolega mengenai rekam jejak lulusan Polije” kata Zulkarnain. “Pada ekspansi perusahaan kami membutuhkan tenaga khusus yang relatif siap kerja dibidang pengelolaan Sapi Perah” demikian imbuhnya.

Ultrajaya merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Padalarang Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971. Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara. Saat ini PT. Ultrajaya Milk Industry  kembali ke bisnis utama, yaitu produksi susu.

Bidang peminatan Agribisnis Sapi Perah ini merupakan Joint Program antara Polije dengan Ultrajaya dan Vedca Cianjur. Mahasiswa tersebut akan mendapatkan beasiswa yang meliputi : biaya pendaftaran, biaya pendidikan, biaya kelengkapan praktek, uang saku dan tunjangan pemondokan. Mengingat joint program, maka pelaksanaan pendidikan dilaksanakan di Vedca pada tahun pertama, kemudian tahun kedua di perusahaan Ultrajaya dan pada tahun ketiga d Polije. Setelah lulus mereka akan ditempat di kawasan peternakan Sapi milik perusahaan yang berada di Pangalengan Jawa Barat dan Brastagi Sumatera Utara.

Mengingat merupakan program khusus, untuk memperoleh calon mahasiswa yang unggul sesuai dengan yang dibutuhkan, maka pihak Ultrajaya melakukan seleksi di Polije (wilayah Jatim), SMKN 1 Mojosongo (wilayah Jateng) dan Vedca (wilayah Jabar). Seleksi di Polije (18/2/2013) diikuti oleh 20 peserta, yang meliputi tes tulis, tes fisik untuk melihat perfomance dan wawancara. Selanjutnya calon mahasiswa yang lulusa tes tahap pertama akan melakukan wawancara lanjutan dengan direksi di kantor pusat Ultrajaya. Bagi yang lolos seleksi akhir pihak Ultrajaya akan mengadakan visitasi ke rumah orangtuanya dan selanjutnya akan dilakukan penandatangan kontrak dan setelah lulus pendidikan langsung akan direkrut Ultrajaya melalui ikatan dinas selama lima tahun.

Secara terpisah Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menyampaikan apresasi kepada segenap sivitas akademik atas komitmen dan kerja kerasnya sehingga lulusan Polije semakin dibutuhkan oleh dunia industri. “Dengan joint program ini semakin membuktikan bahwa pendidikan vokasional sebagaimana yang dilakukan Polije dapat menjawab kebutuhan pembangunan yang memerlukan percepatan dengan membutuhkan SDM yang terampil teknis dan manajerial serta mempunyai dedikasi tinggi”, tutur Nanang Dwi Wahyono.

 

Keterangan Foto :

Joint Program : Zulkarnain HRD Manajer PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk ketika menyeleksi pendaftar program studi Produksi Ternak bidang Peminatan Agribisnis Sapi Perah.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Fri
Oct
17
2014
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Terapan...
Mon
Sep
08
2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendid...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...