POLIJE MoU dengan 4 BUPATI

Memantapkan Operasional Pendidikan PDD Menuju AK
Sebagaimana telah diamanahkan melalui keputusan Mendikbud No.161/P/2012 Politeknik Negeri Jember (Polije) diberi mandat untuk menyelenggarakan program studi di luar domisili (PDD) yang menyebar di Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Temanggung. PDD ini merupakan cikal bakal berdirinya Akademi Komunitas di kemudian hari apabila segala sesuatu yang berkaitan dengan SDM, sarana dan prasarana, Kurikulum, Renstra dan lain sebagainya telah siap. “Kami berharap paling akhir pada 2015 PDD sudah menjadi Akademi Komunitas (AK)” tutur Ir. Rr. Liliek Dwi Soelaksini, MP Koordinator PDD.

Untuk mewujudkan penyelenggaraan PDD tersebut, pada Kamis (14/2/2013) telah disepakati antara Direktur Polije dengan Bupati Sidoarjo yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang mengikat agar para pihak berkontribusi mendukung program PDD ini sesuai dengan bidang masing-masing. Menurut Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, maksud penandatanganan MoU ini untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan kedua belah pihak dalam menyiapkan penyelenggaraan pendidikan vokasi melalui penyelenggaraan PDD di Kabupaten Sidoarjo. “Tujuan PDD ini yang di masa mendatang akan menjadi AK, disamping untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) juga untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah” demikian imbuh Nanang Dwi Wahyono. Disamping dengan Bupati Sidoarjo, Direktur Polije juga telah road show untuk menandatangani MoU dengan Bupati Temanggung, Nganjuk dan Situbondo.

Ruang lingkup MoU meliputi proses penyelenggaraan pendidikan, pendanaan serta sarana dan prasarana. “Polije berkewajiban menyediakan SDM, pendanaan serta kurikulumnya, sedangkan Pemkab setempat berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana serta membantu penyediaan sumber daya program studi (prodi), pendanaan dan mengembangkan program studi dengan melibatkan segenap potensi yang ada”, demikian imbuh Liliek Dwi Soelaksini.

AK merupakan perguruan tinggi vokasional yang menjadi penjabaran UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dengan jenjang Diploma 1 dan Diploma 2 dengan program studi yang disesuaikan dengan potensi dan keunggulan daerah. AK sebagai pendidikan vokasi jangka pendek berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja khususnya untuk meningkatkan daya saing dan pembangunan daerah serta memperluas akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Prodi PDD di 4 kabupaten yang menjadi binaan Polije meliputi : kabupaten Nganjuk terdiri dari prodi : Pengolahan Hasil Pertanian (D2) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Sidoarjo terdiri dari prodi : Boga Pengolahan Hasil Perikanan (D1) dan Teknik Informatika (D2), kabupaten Situbondo terdiri dari prodi : Teknologi Informasi (D2) dan Industri Pangan (D2) serta kabupaten Temanggung terdiri dari prodi : Budidaya Kelapa Sawit (D1), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (D1) serta Pembenihan dan Budidaya (D1).

Respon segenap pemangku kepentingan baik dari jajaran Pemkab dan Dewan Pendidikan dari 4 kabupaten tersebut sangat luar biasa, hal ini dapat dilihat pada saat paparan sosialisasi Rencana Strategis, Rencana Operasional dan Organisasi Tata Kerja yang dilaksanakan setelah penandatanganan Mou. “mereka sangat berharap PDD secepatnya menjadi AK, karena akan menjadi aset daerah yang akan menopang percepatan pembangunan daerah” tutur Liliek Dwi Soelaksini.

Keterangan Foto :
Tandatangani MoU : Bupati Sidoarjo Drs. H. Saiful Ilah, M.Hum ketika menandatangani Mou dengan Direktur Polije, di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

23 September 2014
Dibuka Pendaftaraan Kelas Pembelajaran English For...
08 September 2014
Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Kementer...
13 August 2014
Politeknik Negeri Jember membuka pendaftaran Mahas...
07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
Wed
Aug
20
2014
Berikut adalah Jadwal Pengenalan Kegiatan Akademik (PEKA) 20...
Fri
Jul
25
2014
Sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan akademik semester...
Mon
Jun
30
2014
Thu
Jun
19
2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi penerimaan mah...