BUKA PENDAFTARAN JALUR MANDIRI NASIONAL

Peminat UMPN Polije Semakin Membludak
Politeknik Negeri Jember (Polije) terhitung mulai kemarin (9/7) telah membuka pendaftaran Ujian Masuk Jalur Mandiri Nasional. Jalur ini menjadi jawaban atas animo pendaftar jalur sebelumnya seperti Bidik Misi, Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan Ujian Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia (UMPN Nasional 2013) yang jumlah pendaftarnya jauh melampaui pendaftar tahun sebelumnya. Animo calon pendaftar Jalur Mandiri Nasional dapat dilihat indikasinya dari banyaknya minat dan permintaan informasi baik melalui Telepon, SMS, e-mail dan media sosial.

Menurut Dr. Ir. Bagus P. Yudhia K, MP Pembantu Direktur Bidang Akademik, Jalur Mandiri Nasional adalah Ujian Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia yang dilakukan secara mandiri oleh setiap Politeknik Negeri akan tetapi dilaksanakan serempak. “Tes tulis dilaksanakan pada Sabtu (27/7/2013), diumumkan hasilnya pada Senin (29/7/2013) serta daftar ulang dilaksanakan selama 5 hari (29/7-2/8/2013)”, papar Bagus P. Yudhia K. Selanjutnya meningkatnya animo peserta tes sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas input mahasiswa baru. Mereka diuji dengan materi meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA Terpadu (Fisika, Kimia dan Biologi).

Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dalam suatu kesempatan menyampaikan, dunia pendidikan tinggi Politeknik sudah mulai dipahami oleh masyarakat menjadi salah satu solusi menyiapkan SDM yang terampil dan kompeten yang dibutuhkan oleh dunia industri. “Sebagai PTN vokasional Polije mempunyai amanah untuk menyiapkan SDM yang terampil, unggul, cerdas dan kompetitif untuk meningkatkan daya saing bangsa, sehingga dengan kompetensi yang dipunyai, lulusan Polije mudah menyesuaikan dengan dunia kerja yang semakin kompetitif”, tutur Nanang Dwi Wahyono. Menurutnya Polije telah mengimplementasikan kurikulum dengan mengintegrasikan muatan pendidikan karakter dan pengembangan budaya entrepreneurship dalam kurikulum dengan proporsi 60% praktikum dan 40% teori. 

Salah satu fasilitas unggulan Polije adalah dengan telah dibentuknya Entrepreneurship Center, yang berperan menguatkan keterampilan teknis (Hard skills) maupun soft skills, yang pelaksanaannya melalui keteladanan dosen atau teknisi (role model), diintegrasikan dalam mata kuliah, pelatihan soft skills, maupun melalui Kegiatan Kemahasiswaan. “Pendidikan soft skill mampu membuka wawasan mahasiswa agar memiliki inisiatif, motivasi, kreatifitas dan kritis untuk membentuk karakter diri yang Jujur, Cerdas, Tangguh dan Peduli”, tutur Ir. Joko Irsan Sayoto, MP Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan. Selanjutnya termasuk bagi mahasiswa baru diberikan juga kesempatan untuk berkompetisi meraih bantuan pendidikan dalam bentuk 10 macam beasiswa baik yang berasal dari pemerintah, BUMN dan swasta.

Sebagai Upaya meringankan beban mahasiswa baru, Polije mulai tahun akademik 2013/2014 menerapkan pembiayaan kuliah bagi mahasiswa dengan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Penerapan UKT mengacu pada Instruksi Dirjen Dikti dan amanat UU Pendidikan Tinggi (Dikti) Nomor 12 Tahun 2012. "Dalam Instruksi Dirjen Dikti itu disebutkan bahwa untuk menyatukan berbagai macam kewajiban orang tua mahasiswa, seperti SPP dan komponen pembayaran lainnya dijadikan satu serta dibayarkan dalam bentuk UKT dengan mekanisme subsidi silang”, papar Saiful Anwar, S.TP, MP Pembantu Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan. Masih menurutnya UKT merupakan biaya pendidikan yang diperlukan untuk menyelesaikan pendidikan di Polije, serta harus dibayarkan setiap semester sebanyak 6 (enam) semester bagi jenjang D-III dan 8 (delapan) semester bagi jenjang D-IV (Sarjana Sain Terapan) yang nilai nominalnya tetap dan sangat terjangkau. Informasi lebih lengkap bisa dilihat melalui www.polije.ac.id.

Keterangan foto :

Kompetisi menjadi Maba : Persaingan ketat peserta UMPN Nasional 2013 menjadi Mahasiswa Baru di GOR Perjuangan 45 Polije (insert : Direktur Polije ketika sidak pelaksanaan UMPN Nasional 2013)

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 July 2014
Berikut adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru...
19 June 2014
UMPN MANDIRI 2014 merupakan mekanisme seleksi pene...
Fri
May
30
2014
Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Nege...
Fri
May
09
2014
  Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia (UMPN) UMPN ...