KEMBANGKAN SOFT SKILLS MAHASISWA BIDIKMISI

Untuk Pengembangan Karakter Mahasiswa Polije
Untuk menghasilkan lulusan Politeknik Negeri Jember (Polije) yang unggul dan yang berdaya saing, maka dibutuhkan program pengembangan kemampuan Soft Skillsnya.
Demikian juga bagi mahasiswa Polije penerima beasiswa Bidikmisi, agar memiliki inisiatif, motivasi, kreatifitas dan kritis untuk membentuk karakter diri yang jujur, cerdas, tangguh dan peduli, pada minggu lalu selama 2 hari mereka diberikan Student Soft Skills Development Training, bertempat di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.
Menurut Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, pelatihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan karakter mahasiswa. “Pelatihan ini untuk membentuk karakter diri yang jujur, cerdas, tangguh dan peduli”, tutur Joko Irsan Sanyoto
Program beasiswaBidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Ditjen Dikti Kemdikbud  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Program beasiswa Bidikmisi juga dimaksudkan untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat yang kurang mampu dan mempunyai potensi akademik memadai untuk menempuh pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi serta upaya menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dan memutus mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Ditambahkan oleh Joko Irsan Sanyoto, Soft Skills merupakan kunci menuju sukses dan penguasaan Soft Skills sangat berperan dalam pencapaian keberhasilan dalam proses pendidikan. “Soft Skills merupakan pembentukan karakter sukses setelah berada di masyarakat nanti”, papar Joko Irsan Sanyoto.
Materi pelatihan meliputi Soft Skills Introduction, ketrampilan berkomunikasi, ketrampilan leadership, ketrampilan mengatur diri sendiri, Achievement Motivation Skills serta pengembangan Soft Skills sebagai dasar dalam pendidikan karakter.
Menurut Ir. Supriyono, MP pemateri Self Management dan Team Works, sebagai mahasiswa harus berani tampil mencerminkan sebagai mahasiswa yang smart, mempunyai manajemen waktu dan manajemen pengembangan diri yang baik. “Perfomance mahasiswa Polije harus mencerminkan sebagai generasi muda yang berpendidikan, beretika dalam kehidupan sosial, mempunyai manajemen waktu dan pengembangan diri yang baik pula”, ungkap Supriyono.
“Sebagai mahasiswa harus mempunyai visi dan misi yang jelas dan terukur serta mampu merencanakan setiapa tahapan untuk mewujudkan cita-citanya dengan kemampuan memotivasi diri sendiri serta orang lain”, ungkap Nanik Mariyati, S.Pd, M.Pd Pemateri yang lainnya.
Untuk mencapai efektifitas dan partisipasi maksimal 250 peserta pelatihan, juga diselingi dengan ice breaking dan relevance games.
“Materi pelatihan ini sangat penting dan berharga bagi saya khususnya dalam membentuk karakter unggul, jujur, tangguh dan peduli sebagai bekal mengabdikan diri di tengah masyarakat dimasa mendatang”, ungkap Abdul Kholik Prodi Keteknikan salah satu peserta pelatihan.

Keterangan foto :

Soft Skills Developmet : Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan ketika menjadi Pemateri Student Soft Skills Development Training di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Tue
Apr
16
2019
Hasil Desk Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK-PN ...
Wed
Mar
13
2019
Berikut adalah daftar calon mahasiswa baru yang dinyatakan L...
Sat
Feb
23
2019