PROFIL, JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

PROFIL, JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Profil Singkat

Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai perguruan tinggi vokasional mempunyai amanah untuk menyiapkan SDM yang terampil, unggul, cerdas dan kompetitif serta memiliki misi untuk melahirkan insan terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, berintegritas dan mempunyai kredibilitas serta kepribadian unggul, untuk meningkatkan daya saing bangsa baik tingkat regional maupun internasional.

Polije telah mengimplementasikan kurikulum berdasarkan rambu-rambu Standar Isi Pendidikan Tinggi (SIPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI-IQF) dengan mengintegrasikan muatan pendidikan karakter dan pengembangan budaya entrepreneurship dalam kurikulumnya dengan proporsi 60% praktikum baik laboratorium dan lapang serta 40% teori.

Menuju World Class University

Untuk mewujudkan World Class University, Polije dengan difasilitasi Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Ditjen Dikti Kemdikbud, telah dan akan terus menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri, baik dalam bentuk program pertukaran mahasiswa (student exchange program), Double Degree, staf exchange maupun joint riset. Dengan Vietnam National University - University of Language and International Studies (VNU-ULIS) Vietnam untuk bidang Bahas Inggris dan Pariwisata, dengan Rajamanggala University Tanyaburi Thailand (RMUTT) Thailand untuk bidang Peternakan, Hortikultura dan Teknologi Industri Pangan dan dengan Kyungpook National University (KNU) Korea untuk bidang food science and technology serta Jiangsu Agri-Animal Husbandry Vocational College untuk bidang Peternakan dan Produksi Pertanian.

Student exchange ini dapat dijadikan media pertukaran budaya serta menjadi ajang promosi yang menguntungkan, agar khasanah budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia dapat dikenal oleh bangsa lain.

Baca Selengkapnya : Profil, Jurusan Dan Program Studi

Entrepreneurship Center

Mahasiswa Polije ditempa baik aspek keterampilan teknis (Hard skills) maupun aspek soft skills. Kemampuan Soft skills ini merupakan hal yang sangat penting sebagai sarana untuk mencapai sukses saat terjun ke masyarakat, apapun pekerjaan atau profesi. Pengembangan soft skills dilaksanakan melalui keteladanan dosen atau teknisi (role model), diintegrasikan dalam mata kuliah, pelatihan soft skills, maupun melalui Kegiatan Kemahasiswaan.

Pendidikan soft skills berperan untuk membuka wawasan agar mahasiswa memiliki inisiatif, motivasi, kreatifitas dan kritis untuk membentuk karakter diri yang kuat, sebagaimana visi pendidikan karakter Polije, yaitu : JUJUR, CERDAS, TANGGUH, dan PEDULI.

Campus of Applied Science

Polije sebagai campus of Applied Science selalu mengembangkan teknologi terapan untuk diajarkan  kepada mahasiswa, sehingga apabila selesai masa pembelajaran, tidak  tertinggal pengetahuan dan skill nya dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia industri.

Polije sebagai PT vokasional dan pusat pengembangan teknologi terapan secara terus menerus memberikan kontribusi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat baik bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun swasta, baik di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur maupun berbagai Pemerintah Daerah di luar Jawa.

Sarana Pembelajaran yang Lengkap

Sarana perkuliahan yang disediakan meliputi 29 ruang kuliah reguler dengan kapasitas 40-50 kursi dan ruang kuliah bersama sebanyak 3 kelas dengan kapasitas 200 kursi. Sedangkan sarana praktikum disediakan meliputi 25 ha lahan praktek lapang serta ditunjang 28 laboratorium, 5 Unit Bisnis Terpadu serta fasilitas lainnya seperti Gelanggang Olahraga, Gedung Serbaguna, Asrama Mahasiswa, Student Center, Wifi zone, Poliklinik, sarana olahraga yang lengkap dan lain sebagainya.

JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

 

PRODUKSI PERTANIAN

Produksi Tanaman Hortikultura (D-III)

Produksi Tanaman Perkebunan (D-III)

Teknologi Produksi Benih (D-IV)

Teknologi Produksi Tanaman Pangan (D-IV)

Budidaya Tanaman Perkebunan (D-IV)

TEKNOLOGI PERTANIAN

Keteknikan Pertanian (D-III)

Teknologi Industri Pangan (D-III)

PETERNAKAN

Produksi Ternak (D-III)

Manajemen Bisnis Unggas (D-IV)

MANAJEMEN AGRIBISNIS

Manajemen Agribisnis (D-III)

Manajemen Agroindustri (D-IV)

TEKNOLOGI INFORMASI

Manajemen Informatika (D-III)

Teknik Komputer (D-III)

Teknik Informatika (D-IV)

BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA

Bahasa Inggris (D-III)

KESEHATAN

Rekam Medik (D-IV)

Gizi Klinik (D-IV)

TEKNIK

Teknik Energi Terbarukan (D-IV)

Teknik Otomotif (D-IV)

 

 

 

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan pe...
05 June 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
02 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 merupakan penerimaan mahasis...
28 May 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Mon
Mar
20
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...