POLIJE SEDIAKAN 250 BEASISWA BIDIK MISI

Melalui Jalur PMDK-PN, Mandiri PTN dan UMPN Nasional

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2015/2016, Politeknik Negeri Jember (Polije) diberikan amanah oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menyalurkan beasiswa Bidikmisi bagi 250 mahasiswa baru. Beasiswa Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.

Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menyampaikan bahwa program beasiswa Bidikmisi dimaksudkan untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat yang kurang mampu dan mempunyai potensi akademik memadai untuk menempuh pendidikan sampai jenjang pendidikan tinggi. “Dengan beasiswa Bidikmisi diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia yang mampu berperan mewarnai pembangunan bangsa di masa mendatang dan memutus mata rantai kemiskinan sekaligus pemberdayaan masyarakat”, tutur Nanang Dwi Wahyono.

Pendidikan diharapkan dapat menjadi alat pemutus rantai kemiskinan dan melanjutkan hidup lebih layak, karena biasanya yang menjadi penyebab rantai kemiskinan adalah ketidak mampuan, sedangkan kuliah menjadi salah satu solusi sebagai alat mobilitas sosial mengarah lebih baik lagi. “Melalui beasiswa bidik misi ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dikampus impian tanpa harus memikirkan biaya pendidikan yang mahal”, papar Joko Irsan Sanyoto Wakil Direktur bidang Kemahasiswaan

Beasiswa bidikmisi diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK dan MA yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional dan akan lulus pada tahun 2015 serta lulusan tahun 2014. Persyaratan lainnya meliputi berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi yang diwujudkan antara lain siswa yang bersangkutan sebagai penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM), pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) dan Kartu Indonesia Pintar, pendapatan maksimal kedua orang tua sebesar 3 juta atau pendapatan kedua orangtua jika dibagi semua anggota keluarga inti sebesar 750 ribu rupiah, dan yang paling penting berprestasi akademik baik yang diwujudkan dengan rekomendasi kepala sekolah.

“Pihak sekolah harus melakukan verifikasi awal terhadap persyaratan setiap siswa yang berminat sebelum merekomendasikan dan mendaftarkan melalui aplikasi pendaftaran”, papar Joko Irsan Sanyoto.

Tatacara pendaftaran untuk menjadi mahasiswa baru Polije dan untuk memperoleh beasiswa Bidikmisi dapat dilakukan melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Politeknik Negeri, Mandiri PTN dan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) Nasional.

Saat ini jalur seleksi untuk memperoleh beasiswa Bidikmisi yang sedang dibuka melalui jalur PMDK-PN dan Mandiri PTN, yang  jadual pendaftarannya ditutup pada 17 April 2015. “Bagi yang berminat silahkan mendaftar lewat sekolah untuk mendapatkan rekomendasi dan selanjutnya setelah didaftarkan oleh pihak sekolah masing-masing siswa yang berminat akan mendapatkan kode akses atau username dan password”, ungkap Mahsus Nurmanto Humas Polije.

Siswa pendaftar yang melalui jalur PMDK-PN, harus melakukan pengisian data baik pada aplikasi Bidikmisi (www.bidikmisi.dikti.go.id) maupun aplikasi PMDK-PN (www.pmdk.politeknik.or.id). Berkas yang dijadikan dasar sebagai pengisian data harus dikirimkan ke Politeknik pilihan pertama. Sementara ini bagi siswa pendaftar beasiswa Bidikmisi yang tidak mengikuti jalur PMDK-PN juga bisa memilih jalur Mandiri PTN pada pilihan di aplikasi bidikmisi. Sedangkan jalur pendaftaran UMPN Nasional akan dimulai pada 6 Mei 2015.

Jalur lain yang saat ini sudah memasuki masa daftar ulang adalah PMDK Prestasi Akademik. Mengingat banyak siswa dan sekolah pada minggu lalu sedang menjalani ujian sekolah, maka sesuai dengan kebijakan Pimpinan Polije, pelaksanaan daftar ulang jalur PMDK PA diperpanjang sampai Kamis besok (2/4/2015). “Bagi yang lulus jalur PMDK Prestasi Akdemik dan belum melakukan daftar ulang dimohon segera melakukan daftar ulang”, imbuh Mahsus Nurmanto.

Keterangan foto :

Perpanjangan Daftar Ulang : Layanan Perpanjangan Daftar Ulang Jalur PMDK Prestasi Akademik di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember