JALUR PMDK PRESTASI AKADEMIK SEDIAKAN KUOTA 20 PERSEN

Seleksi Tanpa Tes Berdasarkan Nilai Raport

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember (Polije) tahun akademik 2016/2017 sudah dimulai pada Senin (11/1) minggu lalu melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik (PMDK-PA). PMDK-PA merupakan jalur seleksi tanpa tes berdasarkan prestasi akademik khususnya berdasarkan nilai raport selama 5 semester mulai kelas X-XII semester ganjil.

Demikian disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si. “PMDK-PA hanya diperuntukkan bagi siswa kelas XII SMA/MA/SMK dan yang akan lulus pada tahun 2016”, cetus Abi Bakri. Disamping itu siswa kelas XII yang berminat harus mempunyai nilai rata-rata raport minimal 7,5 setiap semesternya. Dan lebih diutamakan manakala juga mempunyai prestasi akademik lainnya yang relevan, seperti menjuarai olimpiade mata pelajaran baik tingkat regional maupun nasional, cerdas cermat, karya tulis ilmiah dan lain sebagainya.

Polije pada tahun akademik ini akan menerima sebanyak 2000 mahasiswa baru dan 20 persen diantaranya akan dipenuhi melalui jalur PMDK-PA. Pendaftaran jalur PMDK-PA dilakukan secara online melalui laman http://pmdk.polije.ac.id.

Prosedur pendaftaran sangat sederhana, silahkan melakukan pembayaran biaya pendaftaran, proses registrasi, mendapatkan PIN, lanjutkan proses pendaftaran dan simpan final, untuk selanjutnya bisa mencetak bukti pendaftaran. “Pendaftaran secara online dibuka mulai 11 Januari sampai dengan 26 Pebruari 2016”, ujar Mahsus Nurmanto Humas Polije.

Seminggu setelah pendaftaran PMDK-PA dibuka, dari pusat data pendaftaran dapat diketahui bahwa jumlah pendaftar sudah mulai meningkat, baik yang berasal dari Jember dan sekitarnya, kota lain di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Jambi dan lain sebagainya.

Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menuturkan bahwa Polije memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda yang akan memasuki dunia industri, untuk menempuh pendidikan di Polije. “Dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang terdidik dan berkompeten. Polije dengan kurikulum yang 60 persen praktikum serta diberikannya muatan pendidikan karakter dan soft skill akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing”, tutur Nanang Dwi Wahyono.

PMDK-PA memberi kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA jurusan apa saja, untuk memilih 2 pilihan program studi dari 19 program studi yang ada di Polije. Hasil seleksi administratif akan diumumkan pada 4 Maret 2016 dan yang lolos seleksi tahap awal harus mengikuti tes kesehatan dan membawa berkas yang menjadi dasar entry data pada saat pendaftaran, untuk diverifikasi oleh panitia.

Jalur PMDK-PA layak dipertimbangkan untuk diikuti, mengingat pengumuman kelulusan finalnya sudah diumumkan pada 14 Maret 2016, beberapa minggu sebelum jadual Ujian Nasional dilaksanakan. “Bagi yang lolos PMDK-PA, tinggal fokus menghadapi UN saja”, imbuh Mahsus Nurmanto.

 

Keterangan foto :

PMDK-PA : Panitia Memantau Proses Registrasi dan Pengiriman PIN Pendaftaran Seleksi Maba Jalur PMDK Prestasi Akademik secara online.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Tue
Jul
18
2017
Berikut kami sampaikan jadwal ujian sertifikasi microsoft ta...
Fri
Jul
14
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Wed
Jun
07
2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan penerimaan m...