JALUR PMDK-PN 2016 TELAH DIBUKA

 Seleksi Bersama Tanpa Tes Politeknik Negeri Se-Indonesia

Politeknik Negeri Jember (Polije) bersama 42 Politeknik Negeri se Indonesia terhitung mulai Rabu (10/2) minggu lalu telah menggulirkan seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) bersama melalui jalur PMDK-PN 2016 (Penelusuran Minat dan kemampuan Politeknik Negeri).
PMDK-PN 2016 merupakan seleksi maba tanpa tes, yang proses seleksinya menggunakan indikator nilai akademik berdasarkan raport selama 5 semester mulai kelas X-XII semester ganjil. Syarat utama PMDK-PN 2016, pendaftar adalah siswa kelas XII SMA/SMK/MA yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) dan akan lulus pada tahun 2016 serta mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah.
“PMDK-PN 2016 hanya diperuntukkan bagi siswa kelas XII, yang akan mengikuti UN dan akan lulus pada tahun 2016”, papar Abi Bakri Wakil Direktur bidang Akademik. Pendaftaran PMDK-PN hanya dilayani secara online melalui http://pmdk.politeknik.or.id.
Menurut Abi Bakri yang juga menjadi Ketua Panitia PMDK-PN Polije, langkah pertama pihak sekolah herus mendapatkan username dan password PMDK-PN. “Politeknik Negeri Jember akan mengirimkan username dan password ke sekolah serta sekolah bisa mendapatkannya dari 42 Politeknik Negeri se Indonesia yang bergabung di PMDK-PN ini”, cetus Abi Bakri.
Menurut Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, momentum pemberlakuan MEA, dan semakin kempetitifnya kebutuhan dunia industri dan pembangunan bangsa akan tenaga kerja yang terdidik dan kompeten, menjadi bagian penting dan strategis, yang patut dipertimbangkan oleh siswa kelas XII untuk menyiapkan jenjang pendidikan tinggi yang cocok untuk mewujudkan cita-catanya. “Politeknik menjadi pilihan yang tepat sebagai jembatan untuk mengantarkan suskes dalam memasuki dunia industri yang semakin kompetitif”, tutur Nanang Dwi Wahyono.
Prosesi pendaftaran harus diawali oleh pihak sekolah dengan masuk ke http://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah untuk mengisikan informasi sekolah yang terdiri dari data profil sekolah dan data jurusan yang ada. Selanjutnya dimasukkan data siswa yang direkomendasikan mendaftar melalui jalur PMDK-PN serta data prestasi extra siswa yang bersangkutan. Kewajiban sekolah selanjutnya segera menyerahkan username dan password masing-masing siswa, agar segera dipergunakan untuk mendaftar.
Prosesi dilanjutkan oleh siswa melalui http://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa dengan username dan password yang diberikan oleh sekolah, memulai pendaftaran dengan 7 tahapan meliputi mengisi data diri, data raport, data prestasi extra, data keluarga, lampiran foto dan sertifikast manakala ada, pilihan Politeknik dan simpan final.
Setiap peserta PMDK-PN mempunyai hak memilih 3 pilihan program studi untuk maksimal 2 Politeknik Negeri. “Khusus pendaftar yang memilih Polije sebagai pilihan pertama, tidak perlu mengirimkan berkas fisik. Berkas fisik wajib dibawa bagi peserta yang dinyatakan diterima yang akan diumumkan pada 30 Mei 2016:, ujar Mahsus Nurmanto Humas Polije.
Jadwal PMDK-PN 2016 yang berkaitan dengan pendaftaran dan pengisian data oleh sekolah akan ditutup pada 29 April 2016, sedangkan pengisian data oleh siswa akan ditutup pada 2 Mei 2016.

Keterangan foto :
Rakor PMDK-PN : Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM langsung memimpin Rakor Persiapan PMDK-PN 2016

Pengumuman Politeknik Negeri Jember