PENDAFTARAN JALUR UMPN DITUTUP SEMINGGU LAGI

Sediakan Kuota 40 Persen
Seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember (Polije) jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) akan ditutup Kamis (9/6) minggu depan. Jalur UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Polije bersama-sama 43 Politeknik Negeri se Indonesia melalui Ujian Tulis.
Jalur UMPN Polije merupakan jalur ketiga dalam rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru di tahun akademik 2016/2017. “Pendaftaran Jalur UMPN 2016 dilakukan secara online melalui laman https://pmb-online.polije.ac.id”, ujar Mahsus Nurmanto Humas Polije.
Setiap pendaftar mempunyai kesempatan memanfaatkan 4 pilihan program studi, dengan pilihan pertama dan kedua harus di Polije serta pilihan ketiga dan keempat bisa dimanfaatkan untuk memilih program studi di Politeknik Negeri lainnya di seluruh Indonesia.
Menurut Ir. Abi Bakri, M.Si Wakil Direktur Bidang Akademik, seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur UMPN mengisi kuota 40 persen dari kuota mahasiswa baru. “Porsi kuota penerimaan mahasiswa baru Polije tahun ini terbagi menjadi 40 persen dari jalur PMDK, 40 persen jalur UMPN dan 20 persen jalur Mandiri”, tutur Abi Bakri.
Layanan pendaftaran jalur UMPN dilakukan hanya secara online ini, diharapkan untuk memudahkan akses pendaftar, yang beberapa tahun terakhir kecenderungannya berasal dari seluruh nusantara. “Tatacara pendaftaran dapat dilakukan sangat mudah dan simpel akan tetapi tingkat akurasinya bisa dipertanggung jawabkan”, papar Abi Bakri ketika rapat evaluasi dengan jajaran panitia UMPN.
Informasi mengenai jadual, persyaratan, alur pendaftaran, tatacara pembayaran dan pengisian dapat diperoleh dengan mengunduh informasinya melalui laman UMPN online tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan setiap pendaftar adalah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- melalui teller Bank Mandiri atau bank lainnya dengan nomor rekening 1430000333532 atas nama BPN131 Politeknik Negeri Jember. Langkah selanjutnya proses scan atau memfoto bukti pembayaran bank dan melakukan proses registrasi. Setelah proses registrasi selesai, bagian keuangan akan melakukan verifikasi dan mengirimkan PIN melalui nomor telepon selular (HP) pendaftar.
Dengan PIN yang sudah diterima, pendaftaran selanjutnya melakukan proses pendaftaran mulai mengisikan data diri, nilai ijazah, data orangtua, pilihan program studi dan mengunggah file data scan ijazah dan foto diri. “Kami beritahukan bahwa kapasitas file data scan baik ijazah maupun pas foto maksimal 300 kb”, imbuh Mahsus Nurmanto. Langkah terakhir setelah melakukan penyimpanan data entry, peserta dapat mencetak kartu peserta.
“Pada jalur UMPN ini Polije juga menyediakan kuota beasiswa bidikmisi”, papar Abi Bakri. Menurut Abi Bakri bagi pendaftar UMPN yang mengajukan bidikmisi, disamping mendaftar melalui laman UMPN online, peserta juga harus mendaftar melalui laman bidikmisi https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id dan memilih jalur UMPN.
UMPN dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA, MA, SMK, MAK dan Paket C maksimal umur 24 tahun pada 1 September 2016. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta IPA Terpadu (Fisika dan Biologi), yang akan dilaksanakan pada 11 Juni 2016. “Apapun jurusan dan asal sekolah serta pilihan program studinya, maka mata pelajaran yang harus ditempuh meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta IPA Terpadu”, imbuh Abi Bakri.

keterangan foto :
Perebutkan Kuota 40 Persen : Peserta Seleksi Mahasiswa Baru Polije ketika Menjalani Pemeriksaan Kesehatan di Poliklinik Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Fri
Feb
24
2017
Berikut terlampir data calon mahasiswa baru yang dinyatakan ...
Mon
Feb
20
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...