JALUR MANDIRI POLIJE SEDIAKAN KUOTA 20 PERSEN

Dibuka mulai Besuk secara online

Mengingat animo pendaftar yang sangat meningkat drastis dari tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sudah dilaksanakan pada tahun 2016 mulai jalur PMDK-Prestasi Akademik, jalur PMDK-PN dan jalur UMPN, maka Politeknik Negeri Jember (Polije) masih akan memberikan kesempatan kepada masyarakat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diberi nama jalur Mandiri 2016. Jalur Mandiri merupakan seleksi dengan melalui ujian tulis pada jenjang Diploma III (Ahli Madya) dan Diploma IV (Sarjana Terapan) khusus yang diselenggarakan oleh Polije..
Demikian penjelasan Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si. “Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi yang mereka cita-citakan sebagai jembatan meraih sukses masa depan melalui seleksi jalur Mandiri”, papar Abi Bakri. Berbeda dengan jalur sebelumnya, bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Mandiri, pada saat daftar ulang disamping harus membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semester, juga harus membayar Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang dibayarkan hanya pada saat mahasiswa baru.
Jalur Mandiri mempunyai kuota maksimal 20 persen. “Daya tampung mahasiswa baru Polije 2016 sebesar 2100 mahasiswa baru akan degenapi melalui jalur Mandiri”, papar Abi Bakri.
Pendaftaran jalur Mandiri dibuka mulai Kamis (23/6) besuk dan akan ditutup pada 21 Juli 2016, serta pelaksanaan tesnya pada Sabtu, 23 Juli 2016, dengan materi ujian tulis meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA Terpadu (Fisika dan Biologi). Pendaftaran jalur Mandiri dilakukan secara online melalui https://pmb-online.polije.ac.id.
Menurut Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, untuk meningkat kualitas proses perkuliahan yang pada akhirnya untuk menghasilkan kualitas lulusan yang diharapkan, dibutuhkan kualitas calon mahasiswa yang unggul juga. “Dengan pendaftar yang semakin meningkatkan tersebut, menunjang proses seleksi untuk memperoleh mahasiswa baru yang lebih berkualitas”, ungkap Nanang Dwi Wahyono.
Kebutuhan pembangunan nasional akan tenaga yang mempunyai skill tinggi, selaras dan identik dengan sistem perkuliahan yang dilaksanakan oleh Polije. Hal ini juga ditunjang dengan kurikulum diselaraskan dengan kebutuhan industri dan kebutuhan pembangunan, serta diberikannya penguatan akan sebagai entrepreneurship selama menjadi mahasiswa.
Langkah pertama yang harus dilakukan setiap pendaftar adalah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- melalui teller atau loket Bank BRI di seluruh Indonesia dengan nomor rekening 00000021-01-001743-30-6 Bank BRI Cabang Jember atas nama BPN131 Politeknik Negeri Jember. Langkah selanjutnya proses scan atau memfoto bukti pembayaran bank dan melakukan proses registrasi dengan “klik” REGISTER pada pendaftaran online.
“Untuk memudahkan  proses verifikasi, pembayaran biaya pendaftaran mohon dilakukan melalui teller bank, tidak melakukan pembayaran melalui ATM atao sms banking dan selanjutnya melakukan registrasi dengan mengklik tautan register pada laman pendaftaran online sebagaimana pada petunjuk nomor dua”, cetus Mahsus Nurmanto Humas Polije. Setelah proses registrasi selesai, bagian keuangan akan melakukan verifikasi dan mengirimkan PIN melalui nomor telepon selular pendaftar.
Dengan PIN yang sudah diterima, pendaftaran melanjutkan proses pendaftaran mulai mengisikan data diri, nilai ijazah/SKL, data orangtua, pilihan program studi dan mengunggah file data scan ijazah dan foto diri. “Kami beritahukan bahwa kapasitas file data scan baik ijazah/SKL maupun pas foto maksimal 300 kb”, ungkap Mahsus Nurmanto.
Langkah terakhir setelah melakukan “simpan final”, peserta dapat mencetak kartu peserta ujian yang harus dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.

Keterangan foto :
Inspeksi Ujian Tulis : Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM beserta para Wakil Direktur ketika menginspeksi pelaksanaan Ujian Tulis jalur UMPN

Pengumuman Politeknik Negeri Jember