LANTIK DAN SUMPAH PROFESI BAGI TENAGA KESEHATAN

Bagi Lulusan Jurusan Kesehatan
Rangkaian sebelum prosesi wisuda ke 28 Politeknik Negeri Jember (Polije) tahun akademik 2015/2016, setiap jurusan mengadakan prosesi Yudisium yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis kemarin.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, Yudisium merupakan prosesi pelepasan mahasiswa ditingkat Jurusan, sekaligus penghargaan bagi mahasiswa karena telah berhasil menyelesaikan studinya sesuai bidang keahlian atau core competency masing-masing serta berhak menyandang gelar akademik. “Mahasiswa yang berhak mengikuti Yudisium manakala telah dinyatakan memenuhi syarat baik persyaratan akademik maupun administratif”, papar Abi Bakri.
Khusus bagi lulusan Jurusan Kesehatan, disamping mengikuti prosesi wisuda, juga mengikuti prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi sebagai Tenaga Kesehatan yang dilaksanakan menjadi satu rangkaian prosesi Yudisium Kamis (28/7) kemarin.
Menurut Ketua Jurusan Kesehatan Sustin Farlinda, S.Kom, MT, lulusan Jurusan Kesehatan untuk berkiprah didunia kerja khusus yang dibawah Kementerian Kesehatan, harus mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan. “Untuk memperoleh STR, lulusan Jurusan Kesehatan harus mempunyai sertifikat Kompetensi dan sertifikat Sumpah Profesi”, ujar Sustin Farlinda.
Selanjutnya untuk memperoleh sertifikat Kompetensi, lulusan Jurusan Kesehatan harus mengikuti Ujian Kompetensi yang dilaksanakan oleh organisasi profesi masing-masing, untuk Program Studi (prodi) Rekam Medik oleh Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Pormiki) dan untuk prodi Gizi Klinik oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi).
Pada prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah profesi sebagai Tenaga Kesehatan kemarin, bagi lulusan prodi Rekam Medik dilakukan oleh Anna Rosa, A.Md, PK, SH Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pormiki Jawa Timur, sedangkan lulusan prodi Gizi Klinik dilakukan oleh Bandot Bisowarno, A.Md. Gz Ketua Dewan Pimpinan Cabang Persagi Jember.
“Hampir semua lulusan Jurusan Kesehatan sudah diserap di berbagai rumah sakit dan klinik yang tersebar di kabupaten / kota di Pulau Jawa dan Bali sebagai ahli Perekam Medik dan Ahli Gizi, disamping juga ada yang diserap di perusahan katering, perbankan dan berwirausaha”, tandas Sustin Farlinda.

Keterangan foto :
Sumpah Profesi Tenaga Kesehatan : Lulusan Jurusan Kesehatan Prodi Rekam Medik dan Prodi Gizi Klinik ketika Mengikuti Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Tenaga Kesehatan pada Prosesi Yudisium ke 7 di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 May 2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI A...
03 May 2017
Teknologi komputer dan perangkat lunak saat ini te...
04 April 2017
  UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa ba...
03 April 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Fri
Feb
24
2017
Berikut terlampir data calon mahasiswa baru yang dinyatakan ...
Mon
Feb
20
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...