TINGKATKAN INISIATIF MENULIS BUKU AJAR DAN HAKI

Politeknik Negeri Jember (Polije) bertekad terus menggenjot dan mengukuhkan kinerja perguruan tinggi pada tingkat utama pada tahun 2017. Untuk memupuk dan menginspirasi agar setiap Dosen menulis buku ajar dan mematenkan hasil penelitiannya menjadi Hak Kekayaaan Intelektual (HAKI), maka Rabu (24/8) kemarin telah diadakan Workshop Menulis Buku dan HAKI.
Workshop yang diprakarsai oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) ini diikuti oleh seluruh Dosen Polije baik Dosen muda sampai yang senior sebanyak 175 orang yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.
Menurut Kepala P3M Dr. Ir. Budi Hariono, M.Si, workshop ini bertujuan untuk mengantisipasi capaian penelitian Dosen yang semakin meningkat, agar menghasilkan karya unggul dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta tercatat dan dipatenkan sebagai Hak kekayaan intelektual. “Kami berharap karya unggul penelitian Dosen dapat dituangkan menjadi buku ajar dan mendapatkan pengakuan sebagai karya intelektual yang dicatat menjadi HAKI”, tandas Budi Hariono.
Menurut Budi Hariono, dengan workshop ini akan mempercepat pencapaian rencana strategis bidang penelitian minimal yang tercatat sebagai Hak Kekayaan Intelektual sebanyak 2 hak paten dan terbit dalam 2 jurnal internasional juga setiap tahun.
Pada workshop kemarin dipresentasikan materi Inspirasi dan Motivasi Menulis oleh Dony Setiawan HP, S.Kep, Ns, MM Dosen Jurusan Kesehatan yang sudah berpengalaman menerbitkan 3 buku, Meilana Siswanto, ST, M.Sc, Dosen Jurusan Teknik yang berpengalaman mematenkan karya penelitiannya sebagai HAKI sampai internasional serta Dr. Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, M.Kes Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Surabaya.
“Modal utama menulis harus didasari pada kemauan, motivasi menulis, kemampuan mengamati fenomena, menulis dengan pedoman EYD dan mampu dari aspek bahasa jurnalistik”, ujar Aziz Alimul Hidayat.
Pada sambutan penutupan workshop, Saiful Anwar, S.TP, MP Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan menandasakan bahwa lembaga sangat mendukung jumlah Dosen yang menulis buku ajar dan mencatatkan karya penelitian sebagai HAKI semakin meningkat. “Workshop ini sebagai salah satu bagian penting menyiapkan Polije Go Internasional terakreditasi A sebagaiaman target Kemeterian Ristek Dikti pada 2020”, tutur Saiful Anwar.
Tindak lanjut workshop ini, pada bulan Oktober 2016 P3M akan menyelenggarakan workshop hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berpotensi menjadi paten dan pada bulan Nopember 2016 akan dilakukan finanlisasi paten”, ujar Budi Hariono.

Keterangan foto :
Nulis Buku dan Paten : Dony Setiawan HP, S.Kep, Ns, MM salah satu Narasumber Workshop Penulisan Buku Ajar dan HAKI di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Fri
Feb
24
2017
Berikut terlampir data calon mahasiswa baru yang dinyatakan ...
Mon
Feb
20
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...