MABA POLIJE DIBEKALI WAWASAN KEBANGSAAN DAN KEDISIPLINAN

2072 Maba Ikuti PKKMB 2016
Pada Sabtu (27/8) kemarin 2031 mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember (Polije) dilantik menjadi mahasiswa baru Polije tahun akademik 2016/2017. Pelantikan yang sekaligus merupakan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dilaksanakan di lapangan upacara dibelakang Gedung Asih Asah Asuh.
“PKKMB 2016 diikuti 2072 peserta yang terdiri dari 2031 mahasiswa baru dan 41 mahasiswa angkatan sebelumnya yang belum ikut Pengenalan Kegiatan Akademik 2015”, lapor Endro Sugiartono Ketua Panitia PKKMB. Menurut Endro, PKKMB akan dilaksanakan mulai Senin (29/8) minggu depan dan akan berakhir pada Sabtu (3/9).
Materi PKKMB 2016 meliputi Sistem pendidikan Politeknik, kebijakan yang berkaitan dengan sistem pembelajaran, sarana dan prasana serta pembinaan kemahasiswaan, pelatihan kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan bela negara, baris berbaris, materi Jurusan dan program studi, organisasi kemahasiswaan, pencegahan korupsi dan narkoba.
“PKKMB di laksanakan di Sekolah Calon Bintara (SECABA) Rindam V Brawijaya di Jember dan di kampus”, cetus Endro Sgiartono. Sedangkan untuk materi pencegahan korupsi akan menggandeng pihak Kejaksaan Negeri serta dengan pihak Polres Jember berkaitan dengan narkoba.
Dalam sambutan pembukaan PKKMB, Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menyampaikan bahwa negara maju seperti Jerman, China, Inggris dan lain sebagainya telah membuktikan bahwa dunia industrinya tenaga ahlinya banyak dihasilkan dari lulusan Politeknik. “Saudara sudah sangat tepat memilih Politeknik sebagai jembatan sukses masa depan, karena bangsa Indonesia sangat membutuhkan dan menunggu saudara untuk ikut mewarnai pembangunan di masa mendatang”, tutur Nanang Dwi Wahyono.
Diharapkan kepada semua mahasiswa baru untuk menyiap diri fisik dan mental untuk menempuh dan mengikuti proses pembelajaran di Politeknik yang sangat berbeda dibanding Universitas atau jenis perguruan tinggi lainnya. “Saya berharap kepada mahasiswa baru harus memahami proses pembelajaran di perguruan tinggi, lebih-lebih dalam proses pembelajaran di Polije sebagai PT vokasional”, tandas Nanang Dwi Wahyono.
Selanjutnya Nanang Dwi Wahyono juga berpesan untuk menjaga kedisiplinan dan ketekunan setiap mahasiswa Polije didalam mengikuti perkuliah, praktikum serta pengerjaan tugas dari setiap mata kuliah. “Pergunakan kesempatan semasa kuliah dengan kreatif dan proaktif mengikuti program kreatifitas maupun kewirausahaan, sebagai bekal mengasah potensi untuk meraih sukses di masa yang akan datang”, pinta Nanang Dwi Wahyono.
Peserta PKKMB 2016 dibagi menjadi kelompok, untuk hari Senin dan Selasa Kelompok mengikuti materi Pelatihan Baris Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta latihan kedisiplinan di Secaba Rindam V Brawijaya, sedangkan kelompok B mengikuti materi pengenalan kehidupan kampus di GOR Perjuangan 45 dan Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.
Sedangkan pada hari Rabu dan Kamis, kelompok A dan B bertukar materi dan tempat PKKMB. “Untuk hari Jum’at semua mahasiswa mengikuti materi pengenalan di masing-masing Jurusan dan Program Studi”, imbuh Endro Sugiartono.

Keterangan foto :
Wasbang dan Kedisiplinan : Polije Konsisten Membekali Maba sejak Angkatan Pertama dengan Materi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Kedisiplinan bekerjasama dengan Secaba Rindam V Brawijaya di Jember.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan pe...
05 June 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
02 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 merupakan penerimaan mahasis...
28 May 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Mon
Mar
20
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...