MAHASISWA JIANGSU CHINA KULIAH DI POLIJE

Ikuti Program Students Exchange
Pada Kamis (15/9) yang lalu bertempat di Ruang Sidang Gedung Asih Asah Asuh, Direktur Politeknik Negeri Jember (Polije) Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM didampingi oleh Kepala Badan Kerjasama Ir. Nantil Bambang Eko Sulistiyono, M.Si, Kepala Kerjasama Internasional, para Ketua Jurusan, menerima 3 mahasiswa Jiangsu Agri-Animal Husbandary College (JAHVC) China yang mengikuti program Students Exchange (SE) selama satu semester pada bidang Horticulture Production.
Program SE antara Polije dan JAHVC China kali ini merupakan angkatan ketiga. Bidang studi angkatan ketiga ini merupakan perluasan bidang studi yang awalnya pada bidang Animal Science dan pada awal tahun mendatang akan diperluas dengan bidang Food Science.
Xu Rui, Min Tao dan Lu Jian demikian nama mahasiswa JAHVC China tersebut dan didampingi Li Yun sebagai Dosen Pembimbing, akan menempuh 22 SKS yang tersebar dalam 9 mata kuliah meliputi Organic Agriculture, Plant Landscaping, Horticulture Processing Plant, Seed Technology, Medicinal Plant Cultivation, Agricultural Mechanism, Entrepreneurship, Modern Agricultural Technology dan learning Indonesia Language and Culture.
“Pelaksanaan SE angkatan ketiga kali ini secara efektif dilaksanakan mulai 15 September 2016 sampai dengan 8 Januari 2017”, ujar Nantil BES. Tahapan efektif perkuliahan dan praktikum dilaksanakan selama 12 minggu yang diawali pada 19 September sampai dengan 16 Desember 2016.
Untuk meningkatkan kompetensi, pseserta SE juga akan diajak melakukan kunjungan industri dan pelatihan ketrampilan, antara lain di UPT Dataran Tinggi, Banana Centre Production di Senduro Lumajang dan Pineapple Centre Production di Kediri, Seed Industry serta kawasan Selekta dan Mediteria Medika di Batu.
Menurut Nanang Dwi Wahyono, program SE dengan JAHVC China ini menjadi bagian penting pencapaian Polije dalam mewujudkan visi Polije sebagai Politeknik terkemuka di Asia pada tahun 2025. “Polije juga telah dipilih oleh Kementerian Ristek dan Dikti menjadi 10 PTN yang difasilitasi dan didorong Go International pada 2020”, tutur Nanang Dwi Wahyono.
Pada kesempatan tersebut Polije juga melepas secara resmi 10 mahasiswa prodi Produksi Tanaman Hortikultura untuk melakukan SE ke JAHVC China dengan target waktu dan kurikulum yang sama pula.
Nur Zainuri yang merupakan salah satu orangtua mahasiswa yang berangkat ke JAHVC China seusai menyaksikan upacara pelepasan mengungkapkan rasa bahagia dan bangga atas program ini. “Saya sebagai orangtua bangga dan bahagia atas terpilihnya putra saya menjadi salah satu peserta pertukaran mahasiswa ke China, semoga mereka semua selamat dan mendapatkan ilmu yang manfaat”, demikian ujar Nur Zainuri.
Masalah bahasa menjadi sangat strategis bagi mahasiswa asing, sehingga di awal perkuliahan selama 12 pertemuan, akan diajarkan mata kuliah Bahasa dan Budaya Indonesia. Pemahaman bahasa dan budaya setempat untuk menunjang kelancaran proses perkuliahan serta percepatan proses adaptasi dengan sesama mahasiswa di Polije.
“Dengan belajar budaya Indonesia, dapat menjadi bekal mereka menceritakan keluhuran dan aneka ragam khasanah budaya Indonesia khususnya Jember sebagai promosi ketika mereka kembali ke China”, imbuh Nantil BES.

Keterangan foto :

Sematkan PIN : Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM ketika Mengukuhkan Mahasiswa dari Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College China Peserta Students Exchange Program Studi Horticulture Production

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 May 2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI A...
03 May 2017
Teknologi komputer dan perangkat lunak saat ini te...
04 April 2017
  UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa ba...
03 April 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Fri
Feb
24
2017
Berikut terlampir data calon mahasiswa baru yang dinyatakan ...
Mon
Feb
20
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...