MAHASISWA POLIJE ASAL CHINA PELAJARI BAHASA INDONESIA

Selama 12 kali pertemuan dan akan diakhiri pada Kamis (6/10) besok, Xu Rui, Min Tao dan Lu Jian demikian nama mahasiswa Politeknik Negeri Jember (Polije) asal Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College (Jiangsu) China, intensif mempelajari Bahasa Indonesia.
Mata kuliah Indonesia Language and Culture merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program Student Exchange antara Polije dengan Jiangsu China kali ini. “Mempelajari bahasa nasional setempat menjadi komitmen kedua belah pihak”, tandas Nantil Bambang Eko Sulistiyono.
Menurut Nantil BES yang menjadi Kepala Badan Kerjasama ini, pemberian mata kuliah Indonesia Language and Culture bermanfaat untuk menyiapkan dan mempermudah proses adaptasi dari aspek bahasa serta pengenalan atmosfer akademik, agar mereka segera bisa menyesuaikan dengan sistem pembelajaran dan masyarakat kampus Polije.
Perkuliahan Bahasa Indonesia dilaksanakan oleh Unit Pelayanan dan Pelatihan Bahasa (UP2B) yang dikoordinatori oleh Agus Setiabudi, S.Pd, M.Pd. “Perkuliahan dilaksanakan setiap Senin-Kamis mulai jam 07.00-09.00 WIB selama 12 tatap muka”, ujar Agus Setiobudi.
Menurut Agus Setiabudi yang menjadi Kepala UPT UP2B, strategi pengajaran Bahasa Indonesia untuk angkatan ketiga ini dilakukan sedikit perubahan, dengan lebih menitikberatkan pada pengucapan kata yang sehari-hari digunakan.
Perbedaan pengucapan kata yang hampir semua tidak diakhiri dengan huruf konsonan atau huruf mati, hal ini yang menjadi masalah utama mahasiswa China dalam mempelajari Bahasa Indonesia yang lebih beragam.
“Dari pengalaman sekian tahun student exchange, pada umumnya mahasiswa asal China lebih mudah beradaptasi dalam belajar Bahasa Indonesia dibanding mahasiswa dari Thailand”, ungkap Agus Setiabudi. Dibagian akhir program student exchange nanti, mahasiswa asal China diuji untuk melakukan presentasi dengan menyusun kalimat dalam Bahasa Indonesia berkaitan dengan pengalaman sehari-hari.
Direktur Polije Bapak Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dalam kesempatan terpisah memberikan apresiasi kepada mahasiswa asal Jiangsu China bersemangat beradaptasi dan mengikuti jadual kuliah dan praktikum. “Salut atas semangat beradaptasi dengan lingkungan kampus, aktif mengikuti kuliah dan praktek serta berbaur dengan mahasiswa Polije”, tutur Nanang Dwi Wahyono.
Lanjutan mata kuliah Indonesia Language and Culture, meraka akan belajar budaya Indonesia  berupa berlatih Tari Remong. “Diharapkan kemampuan mahasiswa asal Jiangsu China berlatih Tari Remong nanti akan ditampilkan pada upacara Wisuda di bulan Desember 2016 nanti”, imbuh Nantil BES.

Keterangan foto :
Belajar Bahasa Indonesia : Agus Setiabudi, S.Pd, M.Pd Kepala UP2B, ketika Membimbing Mahasiswa Polije Asal Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College China Belajar Bahasa Indonesia

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

17 August 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
11 July 2017
Program Studi Akuntansi Sektor Publik menghasilkan...
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Tue
Jul
18
2017
Berikut kami sampaikan jadwal ujian sertifikasi microsoft ta...
Fri
Jul
14
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Wed
Jun
07
2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan penerimaan m...