POLIJE AKTIF BENTUK ALIANSI INTERNASIONAL BIDANG PERTANIAN

Bersama 18 Perguruan Tinggi Vokasi Top Dunia
Politeknik Negeri Jember (Polije) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) dari Indonesia yang menyepakati pembentukan “International Agri-husbandary Higher Vocational Education Alliance (IAHVEA)” bersama 18 PT vokasi dari Australia, Jerman, Korea Selatan, Belanda, Rusia Amerika Serikat, Taiwan, Indonesia dan China sebagai tuan rumah.
Kesepakatan membentuk aliansi tersebut ditandatangani oleh semua delegasi yang dikemas dalam seminar yang diselenggarakan pada Minggu lalu (2-4/10) di Taizhou China. Delegasi Polije dihadiri oleh Kepala Badan Kerjasama Ir. Nantil Bambang Eko Sulistiyono, M.Si mewakili Direktur dan didampingi oleh Agung Wahyono, SP, MP, Ph.D selaku Koordinator Kerjasama Internasional.
“Pada seminar tersebut delegasi Polije mendapatkan kehormatan memaparkan gagasannya mengenai konsep pengembangan pertanian untuk ketahanan pangan dunia”, tandas Nantil BES. Selain delegasi dari Polije, delegasi dari University of California United States dan Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College China juga mendapatkan kesempatan mempresentasikan konsepnya.
Menurut Nantil BES aliansi ini bertujuan untuk meningkatkan SDM dan penelitian pada bidang pertanian dan peternakan agar mampu berkontrubusi pada ketahanan pangan dunia. “Aliansi ini akan dievaluasi setiap 2 tahun sekali, direncanakan pada tahun 2018 akan dilakukan pengukuhan menjadi konsorsium yang diselenggarakan di Belanda atau Beijing”, tutur Nantil BES. Dalam alinasi ini, Polije diamanahi menjadi Deputy Secretary General.
Selain dari Polije, delegasi IAHVEA berasal dari TAFE Western Australia, Organization for International Academic Exchange Germany, Kangwon National University Korea, Aeres Edocation Group Groenhorst College Netherlands, Nordwin College Netherlands, Chekhovsky Technical College Russia, Haetnell College United States, University of California United States, Tajen University China, Guangdong AIB Polytechnic China, Guangxi Agricultural Vocational College China, Chengdu Agricultural College China, Henan Vocational College of Agricultural China, Wenzhou Vocational College of Science and Technology China, Heilongjiang Agricultural Economy Vocational College China dan Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocational College China sebagai tuan rumah.
Selanjutnya disela waktu acara seminar tersebut, delegasi Polije juga melakukan pembicaraan khusus dengan Professor Ji WenLin, Chair of Colleger Committee, mengenai kelanjutan kerjasama antara Polije dengan Jiangsu China yang telah dirintis sejak tahun 2013.
“Telah disepakati program student exchange antara Polije dan Jiangsu, harus ditingkatkan dan pada awal semester Genap tahun 2017 akan dilakukan dengan program studi food science dan animal science. Sedangkan untuk program studi horticultural production akan dilakukan pada semester ganjil”, papar Nantil BES.
Menanggapi pembentukan aliansi IAHVEA ini, Direktur Polije sangat mendukung sekali dan siap menjadi konsorsium yang bertujuan untuk berkontribusi pada peningkatan ketahanan pangan dunia. “Pembentukan aliansi ini sangat relevan dan seiring dengan visi Polije menjadi Politeknik terkemuka di Asia serta kontribusi nyata lulusan Politeknik untuk pengembangan industri”, tandas Nanang Dwi Wahyono.

Keterangan foto :
Aliansi Internasional : Kepala Badan Kerjasama Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si Mewakili Direktur Polije ketika Melakukan Pembicaraan Khusus dengan Prof. Ji WenLin Chair of College Committee di Kampus Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocational College China

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan pe...
05 June 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
02 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 merupakan penerimaan mahasis...
28 May 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Mon
Mar
20
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...