UKIR PRESTASI DI AJANG LKTI NASIONAL DI SEMARANG

Pada Ajang Mechanical Weekend of Technology 2016
Muhammad Fadhil Luqman, Vivia Lugista Sari dan Akhmad Ashif Yahya, mahasiswa Program Studi Teknik Energi Terbarukan (TET) Jurusan Teknik Politeknik Negeri Jember (Polije), Minggu (6/11) kemarin lusa dinobatkan menjadi Juara II pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional yang diselengaraakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang (Polines).
Fadhil, Vivian dan Ashif, demikian mereka biasa dipanggil teman-temannya, mengusung LKTI dengan judul Pengembangan Bioethanol Generasi kedua pada Pemnafaatan Limbah Kulit Koro Pedang dengan Alat Pre Treatment Sederhana Steam Explosion Preassure. Tahapan awal LKTI diikuti oleh 45 tim dengan dilakukan penyeleksian terhadap abstrak dari setiap peserta yang telah dikirimkan.
“Alhamdulillah tim Polije lolos bersama 14 tim untuk mengikuti babak final”, cetus Fadhil mewakili teman-temannya. Dari yang lolos dan harus bersaing pada babak final, tim Polije menjadi satu-satunya peserta yang berasal dari Politeknik. Finalis lainnya berasal dari ITS Surabaya, UB Malang, UNS Solo, UNY Yogyakarta, Universitas Pancasila Yogyakarta, Unpad Bandung dan UNJ Jakarta.
Saat pembacaan pengumuman yang ditunggu-tunggu seluruh finalis, ketika tim Polije diumumkan menjadi peraih Juara II mendapatkan sambutan yang meriah dari mahasiswa Polines yang sejak awal memberikan dukungan. “Sebagai sesama mahasiswa Politeknik, kami berterima kasih atas apresiasi dari mahasiswa Polines atas dukungannya”, cetus Vivian.
Sedangkan yang berhak menjadi Juara I tim dari ITS Surabaya dan Juara III tim dari UB Malang.
“Setelah pengumuman pemenang, kami mendapatkan apresiasi khusus dari tim juri LKTI yang merupakan Dosen Polines, yang disampaikan dalam sambutan”, tutur Ashif dengan bangga. Menurut tim Juri mahasiswa Politeknik layak menjadi pemenang, karena model perkuliahan dan praktikumnya sangat menunjang untuk menghasilkan kualifikasi mahasiswa yang unggul.
Menurut Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Muh. Munih Dian Widianta, S.Kom, MT saat menerima tim LKTI Polije, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih dan sangat mengharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya mampu berprestasi dalam bidang lainnya. “LKTI di Polines menjadi kegiatan yang terus diikuti oleh mahasiswa dan Alhamdulillah ada peningkatan prestasi dibanding tahun sebelumnya”, ujar Muh. Munih.
Dalam presentasi, tim LKTI Polije memaparkan, bahwa cepat atau lambat cadangan minyak bumi akan habis dikarenakan pasokan minyak bumi yang menurun dan bukan dari bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Energi terbarukan terus dikembangkan oleh pemerintah, salah satunya adalah bioethanol.
Bahan pembuatan biotanol ada dua yaitu bioethanol generasi pertama berasal dari pati dan bahan kedua yaitu bahan berselulosa juga lebih dikenal sebagai bioethanol generasi kedua. Pembuatan bioetanol generasi kedua ini menfaatkan limbah kulit koro pedang sebagai bahan utama pada industri rumah tangga di Jember dengan potensi limbah mencapai 3 kg/hari. Dalam tahapan penelitiannya, mereka menyiapkan bahan dan  tahap selanjutnya melakukan analisa kandungan hemiselulosa, selulosa dan Lignin.
Pembuatan Alat Pretreatment dilakukan secara sederhana dengan steam explosion pressure. Tahap destilasi dilakukan untuk mendapatkan kadar etanol dari limbah kulit koro pedang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kandungan selulosa kulit koro pedang sebesar 39,55 %, kandungan hemiselulosa sebesar 15,91 % dan kandungan lignin sebesar 15,88 %. Kulit koro pedang kemudian di pretreatment dengan alat sederhana steam explosion  untuk memecah lignin dengan hasil terbaik yaitu pada tekanan 200 psi dapat memecah selulosa sebanyak 96,3 %. Kadar etanol tertinggi setelah proses hidrolisis, fermentasi dan destilasi yaitu sebesar 42,13 %.

Keterangan foto :
Ukir Prestasi : Muhammad Fadhil Luqman, Vivia Lugista Sari dan Akhmad Ashif Yahya, mahasiswa Program Studi Teknik Energi Terbarukan Jurusan Teknik Polije ketika Menerima Penghargaan sebagai Juara II LKTI tingkat Nasional di Politeknik Negeri Semarang.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

17 August 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
11 July 2017
Program Studi Akuntansi Sektor Publik menghasilkan...
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Tue
Jul
18
2017
Berikut kami sampaikan jadwal ujian sertifikasi microsoft ta...
Fri
Jul
14
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Wed
Jun
07
2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan penerimaan m...