POLIJE SIAP SONGSONG WISUDA KE 29

Songsong Wisuda ke 29 Minggu Depan
Selama lima hari terhitung mulai Senin (5/12) kemarin sampai Jum’at lusa, 8 Jurusan dan Pascasarjana dilingkungan Politeknik Negeri Jember (Polije) sudah dan akan menggelar prosesi Yudisium lulusan Ahli Madya (Diploma III), Sarjana Sains Terapan (Diploma IV) serta Magister Sains Terapan. Prosesi Yudisium yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja setiap pagi dan siang ini bergantian bagi delapan Jurusan serta di Ruang Sidang Gedung Asih Asah Asuh khusus untuk Pascasarjana, secara keseluruhan akan diikuti 895 Yudisi.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, Yudisium merupakan prosesi pelepasan mahasiswa ditingkat Jurusan, sekaligus penghargaan bagi mahasiswa karena telah berhasil menyelesaikan studinya sesuai bidang keahlian atau core competency masing-masing serta berhak menyandang gelar akademik. “Mahasiswa yang berhak mengikuti Yudisium manakala telah dinyatakan memenuhi syarat baik persyaratan akademik maupun administratif”, tandas Abi Bakri
Pada prosesi Yudisium kali ini Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata diikuti 56 Yudisi, Jurusan Manajemen Agribisnis 151 Yudisi, Jurusan Teknologi Pertanian 112 Yudisi, Jurusan Teknik 58 Yudisi, Jurusan Kesehatan 141 Yudisi, Jurusan Produksi Pertanian 212 Yudisi, Jurusan Teknologi Informasi 101 Yudisi, Jurusan Peternakan 57 Yudisi serta Pasacasarjana 7 Yudisi.
Yudisium berasal dari bahasa Latin yaitu "Judicium" yang kemudian diserap dalam bahasa Inggris menjadi "Judgmen". Jadi, arti Yudisium adalah suatu keputusan di mana seorang mahasiswa itu dinyatakan telah memenuhi syarat dari berbagai macam persyaratan, sehingga secara sah dinyatakan LULUS pada tingkat Jurusan dan Program Studi.
Yudisium juga berarti pengumuman hasil nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah di ambil mahasiswa dan penetapan nilai dalam transkrip akademik serta menerima keputusan lulus dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, dan ditetapkan oleh pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium.
Tugas dan kewajiban nyata seorang lulusan perguruan tinggi justru harus dimulai setelah dinyatakan lulus. Karya nyata dengan berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat melalui pemerintah, swasta dan berwirausaha merupakan bentuk kongkrit pengabdian pada bangsa dan negara.
Demikian pesan Ketua Jurusan Produksi Pertanian Ir. Cherry Triwidiarto, M.Si saat memberikan sambutan pada prosesi Yudisium Selasa pagi kemarin. “Tugas menunggu saudara untuk mendharma baktikan ilmu yang saudara peroleh selama mengikuti kuliah pada masyarakat, bangsa dan negara”, tutur Cherry Triwidiarto.
Menurut Tri Mariani Yudisi dari Program Studi Produksi Tanaman Perkebunan peraih IPK tertinggi (3,96), menjalani prosesi Yudisium tentu menjadi impian dan idaman semua mahasiswa, karena dari yudisium tersebut kita telah terbukti mampu dan selesai dalam menjalankan masa pendidikan. “Bangga dan lega rasanya setelah dinyatakan lulus dan dapat mengikuti prosesi Yudisium”, ujar Tri Mariani

Keterangan foto :
Bangga dan Lega : Salah satu Prosesi Yudisium yang diselenggarakan oleh Jurusan Produksi Pertanian di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja kemarin pagi.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 May 2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI A...
03 May 2017
Teknologi komputer dan perangkat lunak saat ini te...
04 April 2017
  UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa ba...
03 April 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Fri
Feb
24
2017
Berikut terlampir data calon mahasiswa baru yang dinyatakan ...
Mon
Feb
20
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...