POLIJE MENJADI DESTINASI STUDI KAMPUS SISWA

Peningkatan Minat Lanjutkan ke PT Vokasi
Untuk yang kesekian kalinya Politeknik Negeri Jember (Polije) mendapat kunjungan siswa kelas XII dari berbagai SMA di wilayah Jawa Timur. Tak terkecuali hari ini, giliran SMA Negeri Bareng Jombang mengadakan studi kampus bersama 200 siswa kelas XII beserta 15 guru pendamping. Selama bulan Nopember SMA Negeri Sidoarjo, SMA Negeri Jombang dan lain sebagainya telah mengunjungi Polije.
Menurut ketua panitia studi kampus SMA Negeri Sidoarjo Hernu, M.Pd, mengemukakan bahwa tujuan studi kampus untuk mendapatkan informasi jurusan dan program studi, program unggulan dan melihat dari dekat fasilitas dan sarana pendidikan. “Dengan studi kampus, siswa dapat melihat dari dekat suasana kampus, sarana pendidikan serta informasi tentang jurusan dan program studinya”, ujar Hernu.
Pemilihan Polije sebagai destinasi studi kampus dikarenakan minat siswa untuk memilih PT Vokasi unggulan kecenderungannya meningkat cukup pesat. “Pihak orangtua dan siswa kecenderungannya semakin tertarik dengan sistem pendidikan di Politeknik, karena akan menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pembangunan”, ujarnya.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si saat menyambut kedatangan peserta menuturkan bahwa peminat seleksi mahasiswa baru Polije lima tahun terakhir menunjukkan grafik peningkatan yang sangat pesat. “PT Vokasi di Indonesia sangat relevan dengan kebutuhan pengembangan industri yang membutuhkan akselerasi dengan melalui SDM yang handal”, tandas Abi Bakri.
Apalagi Polije terpilih bersama 12 Politeknik negeri se Indonesia yang akan direvitalisasi oleh pemerintah melalui Kementerian Ristekdikti untuk ditingkatkan sarana pendidikan, kualitas SDM dan kurikulumnya agar standar dan kualitasnya meningkat.
Menurut Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dalam sebuah kesempatan memaparkan bahwa Polije tengah menyiapkan kurikulum yang berbasis produk. “Pengembangan kurikulum ini dilakukan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses pembelajaran”, papar Nanang Dwi Wahyono.
Penyelenggaraan proses pembelajaran dengan diberlakukannya kurikulum ini, dilakukan dengan mengintegrasikan teori dan mata acara praktikum yang saling berkaitan menjadi satu blok, satu kesatuan praktikum sampai menghasilkan suatu produk tertentu.
“Penyelenggaraan mata acara praktikum yang saling berkaitan akan dilakukan secara Blok dari proses awal atau hulu sampai proses akhir atau hilir”, tuturnya. Kurikulum berbasis produk dan dilakukan dalam bentuk blok ini akan mengifisienkan anggaran berkaitan kebutuhan bahan praktikum serta mengefektifkan capaian tujuan pembelajaran, serta akan meningkatkan produktivitas capaian pembelajaran serta efisiensi biaya pengadaan bahan praktikum.
Program studi kampus selalu dibagi menjadi dua sesi, diawali dengan paparan informasi unggulan dan profil serta prospek lulusan Polije. Sedangkan sesi kedua dilanjutkan dengen mengunjungi sarana dan fasilitas pendidikan serta melihat proses produksi unggulan yang pabriknya ada di area kampus.

Keterangan foto :
Studi Kampus : Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si ketika Memberikan Informasi pada Studi Kampus di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan pe...
05 June 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
02 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 merupakan penerimaan mahasis...
28 May 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Mon
Mar
20
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...