KESEMPATAN TERBUKA DAFTAR POLIJE TANPA TES

Melalui Jalur PMDK-PA dan PMDK-PN
Persaingan ketat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk memasuki ke jenjang perguruan tinggi (PT) yang diidam-idamkan sebagai jembatan menuju sukses dimasa mendatang, pada tahun 2017 ini harus hati-hati dan perlu mengatur strategi agar lolos seleksi.
Sistem seleksi masuk PT saat ini yang sedang bergulir adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). SNMPTN merupakan seleksi nasional tanpa tes yang memilih jenis PT Universitas dan Institut, sedangkan PMDK adalah seleksi tanpa tes yang memilih jenis PT khusus Politeknik.
Demikian dijelaskan oleh Wakil Direktur bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si membuka diskusi dengan beberapa wartawan. “Seleksi PMDK di Politeknik Negeri Jember (Polije) dilaksanakan dalam 2 kategori, yaitu PMDK Prestasi Akademik (PMDK-PA) merupakan seleksi tanpa tes khusus yang diselenggarakan oleh Polije serta PMDK Politeknik Negeri (PMDK-PN) yang merupakan seleksi tanpa tes yang diselenggarakan bersama-sama 43 Politeknik Negeri se Indonesia”, jelasnya.
Kebijakan kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terhadap persyaratan pendaftaran untuk jalur SNMPTN, pada tahun ini ada perubahan khususnya berkaitan dengan kuota persentasi maksimal jumlah siswa berprestasi unggul berdasarkan akreditasi sekolahnya. Sekolah dengan akreditasi A, kuota siswa pendaftar 50%, akreditasi B 30% dan seterusnya.
“Siswa SMA/SMK/MA kelas XII yang berprestasi unggul yang akan mengikuti seleksi tanpa tes, mempunyai pilihan dengan mengikuti jalur PMDK-PA dan atau PMDK-PN”, tandas Abi Bakri. Jalur PMDK-PA dan PMDK-PN tidak mensyaratkan kuota siswa berprestasi unggul pendaftar. Persyaratannya mempunyai nilai raport semester 1 sampai dengan semester V rata-rata minimal 7,5; terdaftar untuk mengikuti UN dan akan lulus pada tahun 2017, direkomendasi oleh Kepala Sekolah serta mempunyai prestasi akademik atau non akademik.
“Lebih diutamakan mempunyai prestasi akademik dan non akademik yang relevan, seperti menjuarai olimpiade mata pelajaran baik tingkat regional maupun nasional, cerdas cermat, karya tulis ilmiah dan lain sebagainya termasuk prestasi bidang olahraga”, ujar Juwanto Kabag. Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan.
Pendaftaran jalur PMDK-PA akan ditutup Jum’at (24/2) lusa, sedangkan jalur PMDK-PN durasi pendaftarannya masih cukup terbuka, akan ditutup pada akhir April 2017. “Kesempatan mendaftar untuk bersaing menjadi maba kampus vokasi unggulan Polije masih sangat terbuka, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memastikan segera mendapatkan kepastian diterima sebagai maba melalui jalur tanpa tes”, imbuh Juwanto.
Apalagi kebijakan pemerintah melalui Kemenristek dan dikti yang memberikan perhatian khusus kepada PT vokasi Politeknik dengan memperkuat kurikulum dan kualitas SDMnya agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing unggul, untuk menopang kebutuhan SDM serta percepatan pembangunan. “Polije menjadi salah satu 12 Politeknik yang akan direvitalisasi oleh pemerintah, agar meningkat kualitas proses pembelajarannya dan kompetensi lulusannya”, tutur Abi Bakri.
Polije segera menerapkan kurikulum berbasis produk serta membekali lulusannya bukan hanya ijasah, akan tetapi juga Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) yang meliputi sertifikasi kompetensi dari LSP-P1 Polije, sertifikasi TOEIC dan lain sebagainya.
Informasi tentang program studi yang dapat dipilih, jalur seleksi dan jadual pendaftarannya dapat diakses melalui laman www.polije.ac.id

Keterangan foto :
Jalur Tanpa Tes : Wadir Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si beserta Kabag AAK dan PSI ketika Memonitor Animo Pendaftar Jalur PMDK-PA dan PMDK-PN secara online

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

28 May 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
03 May 2017
Teknologi komputer dan perangkat lunak saat ini te...
04 April 2017
  UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa ba...
03 April 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Mon
Mar
20
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...
Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...