POLINEMA PELAJARI PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN

Melalui Studi Banding ke Polije
Delegasi Politeknik Negeri Malang (Polinema) sejumlah 9 orang yang terdiri dari para pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan staf ahli bidang kemahasiswaan, Jum’at (24/2) kemarin melakukan kunjungan ke Politeknik Negeri Jember (Polije).
Kunjungan yang dilakukan dalam bentuk studi banding tersebut dipimpin oleh Drs. Sidik Ismanu, M Si Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan. “Tujuan utama studi banding kali ini untuk silaturrahmi dan mengetahui program pengembangan kemahasiswaan di Polije”, tuturnya.
Menurut Sidik Ismanu ketertarikan melakukan studi banding tersebut, mengingat prestasi yang ditorehkan mahasiswa Polije cukup menonjol dalam level nasional. “Kami sangat tertarik dengan prestasi mahasiswa Polije di tingkat nasional seperti bidang roket, robotika dan lain sebagainya, sedangkan kami tahu kalau di Polije tidak ada Jurusan atau Program Studi yang spesifik seperti prodi elektronika. Jadi kami ingin mengetahui pola dan program pembinaan mereka”, tandas Sidik Ismanu.
Yang tidak kalah menarik dari Polije adalah keunikan dan percepatan perkembangan kelembagaannya. Polije konsisten mengembangkan unit produk unggulan, seperti UPT Dataran Tinggi dan Kuliner dengan produk unggulan bunga potong Krisan dan Kafe Kemuning serta UPT Makanan dan Minuman dengan produk unggulan Roti dan Kue serta air minum dalam kemasan merek SIP. “Belum ada Politeknik yang berhasil mengembangkan potensi lokal dalam skala bisnis, selain Polije”, imbuh Sidik Ismanu.
Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM memberikan apresiasi atas kunjungan studi banding beberapa Politeknik di Indonesia ke Polije. “Kami telah berbagi kepada beberapa delegasi Politeknik di Indonesia tentang program pengembangan yang berkaitan dengan pengembangan kerjasama, akademik, sarana prasarana serta bidang lainnya ketika malakukan studi banding”, paparnya ketika memberikan mengawali sambutan.
Politeknik di Indonesia harus melakukan sinergi untuk menghasilkan kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kwalitas lulusan dengan kompetensi unggul dan berdaya saing untuk menopang kebutuhan dunia industri yang semakin kompetitif.
Selanjutnya Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Muh. Munih Dian Widianta, S.Kom, MT memaparkan program pembinaan kemahasiswaan di Polije. “Organisasi kemahasiswaan di Polije terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Majelis Permusyaratan Mahasiswa (MPM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)”, terangnya.
Selanjutnya, Pembina HMJ dijabat oleh Ketua Jurusan daru jurusan yang bersangkutan, sedangkan pembina UKM diambil dari dosen atau staf yang mempunyai kompetensi pada bidangnya. “Masa bakti pembina UKM berlaku setiap semester sekali, dengan maksud sambil mengevaluasi kinerja dan capaian kepembinaan pada UKM yang bersangkutan”, tandas Muh. Munih.
Kunjungan studi banding akhiri dengan diajak berkunjung sekaligus mencicipi menu makan siang yang disajikan di Kafe Kemuning dikawasan menuju Rembangan, yang berada dibawah usaha UPT Dataran Tinggi dan Kuliner.

Keterangan foto :
Studi Banding : Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, dengan didampingi Wadir Bidang Kemahasiswaan Muh. Munih Dian Widianta, S.Kom, MT saat menerima Delegasi Politeknik Negeri Malang yang dipimpin oleh Wadir Bidang Kemahasiswaan Drs. Sidik Ismanu, M.Si (paling kiri/batik coklat)

Pengumuman Politeknik Negeri Jember