POLIJE KONSISTEN TINGKATKAN AKREDITASI

Melalui Bimtek Akreditasi Program Studi
Dalam upaya standarisasi dan penjaminan mutu prose pembelajaran dan lulusan perguruan tinggi, Politeknik Negeri Jember (Polije) Minggu lalu mengadakan Bimbingan Teknis (bimtek) Akreditasi Program Studi (prodi). Bimtek dibawah koordinasi Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu tersebut diikuti oleh 66 peserta dari 10 prodi yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.
Dalam laporan penyelenggaraan, Surateno, S.Kom, M.Kom Ketua Panitia Bimtek menyampaikan kalau akreditasi salah satu bentuk branding dari prodi yang bersangkutan serta mencerminkan pengelolaan sesuai standar nasional perguruan tinggi. “Akreditasi suatu prodi mencerminkan kwalitas pengelolaan serta menjadi bagian branding, yang sering ditanyakan oleh calon mahasiswa dan masyarakat”, ujarnya.
Penilaian akreditasi mencakup aspek isi, proses, kompetensi lulusan, SDM, sarana dan prasarana pendidikan, pengelolaan prodi, pembiayaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Proses akreditasi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).  Akreditasi mempunyai tujuan menginformasikan kinerja program studi kepada masyarakat dan untuk mengetahui kekurangan dalam rangka memperbaiki kinerja.
Dalam sambutan pembukaan, Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM mengajak kepada semua peserta bimtek untuk melihat secara jernih proses, potensi dan tantangan di setiap prodi, sehingga proses pengisian borangnya jeli dan tepat sesuai kondisi sebenarnya. “Mari dengan bimtek ini, peserta bisa memahami teknik dan strategi dalam pengisian borang akreditasi”, tuturnya.
Jika ibarat sebuah mobil, maka akreditasi adalah semacam keterangan kelaikan dari sebuah badan penjamin mutu bahwa mobil yang diproduksinya sesuai dengan standar. Akreditasi akan menjamin standarisasi dan kepastian terhadap kwalitas lulusan yang akan mampu mewarnai persaingan dalam dunia kerja dan pembangunan bangsa.
Akreditasi prodi yang juga akan berdampak pada peningkatan akreditasi institusi, menjadi bagian penting Polije dalam mewujudkan visi menjadi politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025. Proses tersebut simultan dengan kepercayaan pemerintah melalui Kemenristekdikti untuk merevitalisasi Polije bersama 12 Politeknik Negeri lainnya mulai tahun ini serta menapakinya dengan menyiapkan kurikulum yang berbasis produk.
Dalam bimtek kemarin sebagai narasumber adalah tim Asessor BAN PT yang terdiri dari Dr. Siti Komariyah, SE, MM dan Dr. Ir. Ridwan Iskandar, MT yang mengupas teknik dan strategi pengisian borang dan tahapan akreditasi.
Bagian yang sangat penting justru setelah bimtek dilaksanakan, peserta bimtek sekaligus tim task force tiap prodi segera mengisi borang akreditasi, untuk proses reakreditasi. Bimtek akreditasi ini proses mempertahankan dan upaya meningkatkan akreditasi, agar kepercayaan masyarakat terhadap prodi yang semakin meningkat pesat yang ditandai peningkatan animo pendaftar dan daya serap lulusan di dunia kerja tetap terjaga.

Keterangan foto :
Akreditasi : Salah satu narasumber dari BAN PT (Dr. Siti Komariyah, SE, MM) Bimbingan Teknis Akreditasi Program Studi Polije di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

07 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan pe...
05 June 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
02 June 2017
Jalur MANDIRI 2017 merupakan penerimaan mahasis...
28 May 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...
Mon
Mar
20
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib melaksanak...