SENAT POLMED STUDI BANDING KE POLIJE

Pelajari Pengembangan Kerjasama
Untuk yang kesekian kalinya Politeknik Negeri Jember (Polije) menjadi rujukan berbagai perguruan tinggi untuk studi banding dalam pengelolaan manajemen, sarana prasarana dan proses pembelajaran.
Minggu lalu bertempat di Ruang Sidang Gedung Asih Asah Asuh, Direktur Polije Ir. Nnang Dwi Wahyono, MM, didampingi para Wakil Direktur, Kepala Badan Kerjsama dan pimpinan lainnya, menerima 13 orang delegasi yang merupakan senat Politeknik Negeri Medan (Polmed) Komisi Kerjasama dan dipimpin langsung oleh Direktur Polmed M. Syahrudin, ST, MT telah melakukan studi banding ke Polije. “Kami studi banding ke Polije, karena Polije telah membuktikan sebagai institusi yang berhasil dalam mengembangkan program kerjasama”, tandas Syahrudin diawal sambutannya.
Menurut dia Polmed mempunyai visi menjadi institusi PT vokasi yang profesional dan unggul di tingkat nasional dan internasional, maka perlu menerapkan manajemen kerjasama yang solid dan terintegrasi. “Saya bersama Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Ketua dan Sekretaris Komisi Kerjasama, Wadir II dan IV serta 5 anggota senat komisi kerjasama ingin langsung mempelajari strategi pengembangan kerjasama di Polije”, imbuh Syahrudin.
Pada sambutannya Direktur Polije menyampaikan apresiasi atas kehormatan mendapatkan kunjungan studi banding dari Polmed sebagai sesama Politeknik. “Dengan studi banding ini menjadi tantangan bagi kami segenap pimpinan dan sivitas akademika untuk bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan suatu prestasi unggul yang bermanfaat bagi bangsa dan negara”, tutur Nanang Dwi Wahyono.
Pada kesempatan selanjutnya dipaparkan perkembangan kerjasama yang telah dicapaikan Polije oleh Kepala Badan Kerjasama (Bakerma) Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si. dalam kerjasama nasional, Polije telah menjalin kerjasama baik dengan perusahaan swasta maupun berbagai pemerintah Kabupaten baik di Jawa Timur maupun Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. “Polije juga menjadi pendamping dan pembina Program Studi diluar Domisili (PDD) Akademi Komunitas di 7 Kabupaten meliputi Situbondo, Bondowoso, Sidoarjo, Nganjuk, Temanggung, Berau dan Halmahera Tengah”, papar Bambang Eko.
Polije juga menjadi pendamping pendirian Politeknik Negeri Ketapang Kalimantan Barat, Politeknik Barito Timur dan Politeknik Lamandau Kalimantan Tengah. Dengan pihak swasta kerjasama dijalin dengan PT. Ultra Jaya Milk Tbk, untuk program pendidikan Agribisnis Sapi Perah dengan beasiswa penuh, dengan PT. IMC Plantation Kaltim untuk pelatihan dan sertifikasi kompetensitingkat Field Conductot bidang Kelapa Sawit dan lain sebagainya.
Dengan Kabupaten Jember bekerja sama dalam pemberdayaan masyarakat dengan program “satu desa satu dosen”, pengembangan kawasan dataran tinggi Rembangan sebagai pusat Agribisnis dan Agro-ekowisata, serta pemberdayaan masyarakatdengan pelatihan ketrampilan pengolahan makanan .
Dalam Kerjasama internasional, Polije telah menjalin kerjasama dalam bentuk student exchange, research collaboration dan Lecturer Exchange dengan Kyungpook National University Korea, Rajamangala University of Technology Tanyaburi Thailand, Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocational College China dan Vietnam National University.
Setelah paparan dan diskusi, acara studi banding dilanjutkan dengan mengunjungi produk unggulan di UPT Makanan Minuman pada proses pembutan roti SIP dan proses pendinginan. Anggota Senat Polmed kagum dengan perkembangan produksi unggulan dan sekaligus bisa dijadikan tempat praktikum mahasiswa maupun potensi menghasilkan PNBP.

Keterangan foto :
Studi Banding : Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Saiful Anwar, S.TP, MP ketika memandu langsung kunjungan delegasi Polmed Medan ke produk unggulan pembuatan Roti SIP di UPT Makanan dan Minuman.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

04 April 2017
  UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa ba...
03 April 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
20 March 2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib ...
Thu
Mar
02
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Fri
Feb
24
2017
Berikut terlampir data calon mahasiswa baru yang dinyatakan ...
Mon
Feb
20
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...