POLIJE AKAN BUKA KELAS INTERNASIONAL

Dual Degree dengan Wuxi Institute of Technology China
Politeknik Negeri Jember (Polije) semakin mantap mewujudkan langkah-pangkah menuju visi menjadi Politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025. Capaian yang sangat membanggakan Kamis (30/3) Minggu kemarin ditorehkan, dengan dilakukannya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Polije dan Wuxi Institute of Technology (WXIT) China untuk membuka kelas internasional dengan program Dual Degree.
Pada penandatangan MoU tersebut WXIT China dilakukan oleh President WXIT Prof. Fanghong Gong, Ph.D, sedangkan dari Polije diwakili oleh Kepala Badan Kerjasama Ir. Nantil Bambang Eko Sulistiono, M.Si.
Menurut Bambang Eko, pihak WXIT China sangat antusias kerjasama dengan Polije untuk membuka kelas internasional. “President WXIT China sangat senang bekerjasama dengan Polije, mengingat Polije salah satu PTN Vokasi unggulan yang ada di Indonesia”, ujarnya.
Kelas internasional program Dual Degree ini, sementara dapat diikuti oleh mahasiswa Polije jenjang Diploma III program studi Manajemen Informartika (MIF) Jurusan Teknologi Informasi. Peserta kelas internasional ini, akan menempuh perkuliahan selama setahun di Polije serta 2,5 tahun di WXIT China. Khusus selama satu semester awal ketika mulai perkuliahan di WXIT China digunakan untuk menempuh dan memeprdalam bahasa China.
“Mahasiswa kelas Internasional ini akan mendapatkan 2 ijasah baik dari Polije maupun WXIT China”, tandas Bambang Eko. Selama perkuliahan di WXIT, mahasiswa Polije akan menempuh prodi Software Technology. Pemilihan prodi tersebut untuk memperkuat dan linier dengan prodi Manajemen Informatika.
Pada kesempatan terpisah Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, menyampaikan bahwa kerjasama dengan WXIT China dengan membuka kelas internasional ini merupakan akselerasi pencapaian visi Polije menjadi Politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025. “Kerjasama dengan WXIT China ini menjadi capaian yang strategis, setelah kerjasama serupa dengan beberapa PT di Vietnam, Thailand, Korea dan China lainnya”, paparnya.
Pembukaan kelas internasional Dual Degree ini akan dimulai dengan seleksi dan pengiriman mahasiswa prodi MIF pada September tahun ini, serta juga akan menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru kelas khusus untuk kelas internasional program dual degree pada tahun ini juga.
“Pada bulan September nanti Polije akan menyeleksi dan mengirimkan 5 orang mahasiswa untuk mengikuti kelas internasional dual degree ke WXIT China”, papar Bambang Eko. Sedangkan kuota penerimaan mahasiswa baru kelas internasional ini sebanyak 20 mahasiswa baru.
Polije saat ini juga sedang menyiapkan konsep nota kesepahaman dengan Changzou Institute of Mechantronic Technology untuk kelas internasional program dual degree.
Program kelas internasional ini merupakan kesempatan emas bagi generasi muda indonesia untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing agar mampu membangun bangsa dan negara serta memenangkan persaingan antar bangsa demi kesejahteraan bangsa Indonesia.
“Politeknik menjadi salah satu pilihan utama dan strategis, yang akan menghasilkan lulusan yang kompeten selaras dengan kebutuhan dunia industri untuk percepatan pembangunan”, tandas Nanang Dwi Wahyono.

Keterangan foto :
Buka Kelas Internasional : President of Wuxi Institute of Technology China Prof. Fanghong Gong, Ph.D dan Kepala Badan Kerjasama Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si (batik) mewakili Direktur Polije ketika menandatangani MoU Kelas Internasional Prorgam Dual Degree di Jakarta

Pengumuman Politeknik Negeri Jember